Jumat , 6 Desember 2019

Awas! Jangan Nekat Buang Sampah ke Sungai, Pemkot Solo Bakal Pasang CCTV

30 September 2019 10:26 WIB


Wali Kota Surakarta FX. Hadi Rudyatmo saat bersih-bersih sungai bersama OPD dan TNI dalam peringatan (GNKPA) di Kali Pepe, Sudiroprajan, Jebres, Solo, Sabtu (28/9/2019). (Dok. Humas Pemkot Surakarta).

SOLO, solotrust.com – Wali Kota Surakarta FX. Hadi Rudyatmo serius menangani kasus masyarakat pembuang sampah di sungai. Closed Circuit Television (CCTV) bakal dipasang di sudut-sudut strategis untuk mengawasi pelaku pembuang sampah.

Baca: Wali Kota Solo Resmikan Grha TA Media Group, Jadi Lokasi Wisata Edukasi



Menurut Rudy, dengan pemasangan CCTV, pelaku pembuang sampah sembarangan tak akan bisa mengelak apabila terkena Operasi Tangkap Tangan (OTT) petugas penegak peraturan daerah.

Hal itu diungkapkan Wali Kota saat bersih-bersih sungai bersama Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait dan Tentara Nasional indonesia (TNI) memperingati Gerakan Nasional Kemitraan Penyelamatan Air (GNKPA) di Kali Pepe, Sudiroprajan, Jebres, Solo, Sabtu (28/9/2019).

“Ini sebagai langkah awal, dengan bertindak benar-benar menjaga sungai agar tetap bersih, dan bermanfaat,” kata Rudy di sela-sela kegiatan.

Bagi Rudy, air adalah sumber kehidupan, sehingga keberadaan ekosistem sungai sudah selayaknya dilestarikan agar tidak tercemar kotoran sampah maupun limbah, sungai menjadi sumber air yang luar biasa dan harus dikelola dengan baik, serta ke depannya Kali Pepe khususnya menjadi destinasi wisata air dapat terealisasi.

Baca: Buang Sampah ke Sungai Bisa Dipenjara, Jangan Coba-coba!

“Sehingga apa yang menjadi harapan kita bersama akan kali Pepe sebagai destinasi wisata air, sudah bisa terealisasi, kami ingin mewujudkan sungai-sungai bersih, dan juga supaya air tanah tidak tercemar. Air adalah sumber kehidupan, dan sungai adalah sumber air yang luar biasa, kalau tidak dikelola dengan baik akan menjadi bumerang,” ujarnya. (adr)

(wd)

  • Kontak Informasi SoloTrust.com
  • Redaksi: redaksi@solotrust.com
  • Media Partner: promosi@solotrust.com
  • Iklan: marketing@solotrust.com