Serba serbi

Ini Cho Hyun Woo, Man of the Match dalam Laga Korsel vs Jerman

Olahraga

30 Juni 2018 06:03 WIB

Cho Hyun Woo (Dok FIFA)

SOLO, solotrust.com – Digelar di Kazan Arena, Rusia (27/6/2018) lalu, timnas Korea Selatan (Korsel) berhasil memupuskan harapan timnas Jerman untuk masuk ke babak 16 besar Piala Dunia 2018 dari grup F.

Korsel menang 2-0 atas Jerman dalam laga tersebut berkat gol yang dilesatkan Kim Young Gwon dan Son Heung Min di menit-menit akhir. Jerman sebelumnya selalu lolos babak penyisihan grup sejak Piala Dunia 1938.



Dengan ini, Korsel berhasil menjadi tim dari Asia pertama yang mengalahkan juara bertahan Piala Dunia dalam laga resmi. Penjaga gawang Cho Hyun Woo pun dipilih FIFA sebagai ‘Man of The Match’ oleh FIFA dalam pertandingan tersebut.

Dari 26 serangan Jerman yang enam di antaranya on target, Jo berhasil melakukan penyelamatan dengan menunjukkan reflek yang sangat cepat.  Ia tampil prima kendati terus digempur oleh pemain-pemain Jerman seperti Timo Werner hingga Mesut Ozil.

Lahir pada 25 September 1991, Jo kini berada di Daegu FC. Dia debut pada klub tersebut 2013 lalu. Pada tahun 2017, pemain jangkung dengan tinggal 1,89 m ini juga pernah mendapatkan penghargaan kiper terbaik di ajang EAFF E-1 Football Championship.

Pelatih kepala Korsel, Shin Tae Yong memang memberikan kejutan karena memilih Cho di pilihan pertamanya. Ya, ini karena Cho hanya memiliki lima pengalaman bertanding dalam ajang antarnegara (caps), sedangkan dua kiper yang lain yakni Kim Seung Gyu sudah mengantongi 32 caps dan Kim Ji Hyeon 14 caps.

“Aku yakin Seung Gyu dan Ji Hyeon akan menunjukkan penampilan yang baik jika mereka bermain. Semua orang mulai dari pemain dan staf pelatih berkompetisi sebagai satu kesatuan,” kata Cho seperti dikutip dari laman AFC, Kamis (28/6/2018).

Cho sendiri baru mengetahui tentang hasil Meksiko-Swedia setelah pertandingan usai kala itu.

“Mengetahui bahwa kami baru saja memainkan pertandingan terakhir kami, saya meneteskan air mata. Kami semua bermain keras untuk para penggemar kami di rumah (Korsel) dan mencoba untuk memastikan kami tidak akan menyesal pada akhirnya,” katanya.

Dilansir dari The Korea Herald (28/6/2018), karena prestasinya ini, Jo pun masuk dalam klub ‘Do You Know’ di Korea Selatan.  

‘Do You Know’ adalah klub yang mengacu pada atlet maupun artis terkenal dunia yang berasal dari Korea Selatan. Tokoh yang berhasil masuk dalam klub prestisius tersebut misalnya PSY ‘Gangnam Style’, pesepak bola Park Ji Sung, peraih medali emasi dalam figure stating olimpiade Kim Yu Na, peraih medali emas dalam olahraga curling olimpiade Kim Eun Jung, dan pitcher LA Dodgers Ryu Hyun Jin. (Lin)

(way)