Hard News

BBM Premium Bakal Dihapus?

Nasional

08 April 2021 15:25 WIB

Komisaris Utama Pt Pertamina (Persero) Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) bertemu dengan Walikota Solo Gibran Rakabuming Raka di Solo, Rabu (7/4). (foto: Dok Istimewa)

SOLO, solotrust.com - PT Pertamina (Persero) dikabarkan memiliki wacana untuk menghapus bahan bakar jenis premium. Komisaris Utama PT Pertamina, Basuki Tjahaja Purnama atau yang akrab disapa Ahok mengajak masyarakat beralih dari Premium ke Pertalite dan Pertamax yang memiliki kualitas lebih bagus.

Terlebih kendaraan sekarang didesain untuk menggunakan bahan bakar bukan premium.



Menurutnya secara kualitas Premium memang kurang baik. Ia justru menilai dengan menggunakan Pertalite atau Pertamax masyarakat bisa lebih hemat.

"Itu akan lebih hemat sebetulnya. Sekarang kendaraan dirancang bukan untuk premium," kata Ahok.

Ditemui saat berkunjung ke rumah dinas Walikota Solo, Gibran Rakabuming Raka, Lodji Gandrung pada Rabu (7/4) malam, Ahok enggan berbicara mengenai wacana penghapusan BBM jenis Premium. Menurutnya kebijakan tersebut merupakan kewenangan pemerintah.

"Saya tidak tahu (dihapuskan), mesti tanya ke menteri, kita cuma jalankan saja," tuturnya.

Ahok menambahkan, pihaknya secara perlahan akan mengurangi pasokan Premium di perkotaan. Dengan begitu, maka penggunaan Premium bisa digantikan dengan jenis lain. Ia juga mencontohkan Jawa Tengah yang sudah mengurangi konsumsi BBM Premium karena masyarakat makin sadar terkait efek bagi lingkungan dan biaya membeli BBM.

(zend)