Hard News

Malam Imlek, Ambulans dan Mobil Tahanan Disiagakan

Jateng & DIY

24 Januari 2020 09:40 WIB

Lampion Pasar Gede, Solo. (solotrust-dit)

SOLO, solotrust.com - Puncak malam perayaan tahun baru China atau Imlek 2571/2020 digelar Jumat (24/01/2020) malam di kawasan Balaikota Solo. Terkait itu, Polresta Solo akan menyiagakan mobil ambulans dan mobil tahanan di sekitar kawasan pusat perayaan Imlek.

Wakapolresta Solo, AKBP Iwan Saktiadi menyampaikan, pihaknya juga akan menyiagakan 201 personel keamanan dari Polresta Solo untuk puncak perayaan. Pasalnya, pusat perayaan Imlek juga melebar di kawasan Pasar Gede di mana lampu lampion berada.



"Polresta Solo siap melakukan pengamanan di kawasan pusat perayaan Imlek di Kota Solo. Kewajiban kita melakukan pengamanan, termasuk di jalan, baik bagi masyarakat yang menuju lokasi maupun yang turun dari kendaraan untuk menikmati lampion," paparnya, Kamis (23/01/2020).

Beberapa potensi yang dapat mengancam keamanan masyarakat saat perayaan Imlek, lanjut Iwan, di antaranya copet, anak hilang, dan masyarakat yang pingsan akibat kelelahan.

"Dinkes Solo sudah menyiapkan alat medis dan ambulans yang stand by (siaga-red) di lokasi. Kemudian juga akan stand by mobil tahanan untuk mengantisipasi jika ada copet yang tertangkap," bebernya.

Sementara mengantisipasi anak hilang, Polresta Solo menyiapkan petugas di tengah keramaian masyarakat yang menikmati lampion. Petugas akan menyatu dan bergerak di tengah kerumunan masyarakat.

"Kami kerahkan juga mobil berpengeras suara, akan stand by yang portabel. Jadi ada personel kami yang akan mengingatkan dan mengimbau dengan pengeras suara agar terus hati-hati dan tetap waspada agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan," kata Iwan.

Selain menyiapkan 201 personel dari Polresta Solo, Iwan menambahkan, pengamanan juga akan didukung 1 SST personel Brimob.

"Kalau masih kurang, secara insidental kami juga sudah siap mengerahkan 1 SSK lagi dari Brimob. Prinsipnya pengamanan akan dimaksimalkan demi kelancaran momen," pungkasnya. (awa)

(redaksi)