Selasa , 19 Januari 2021

Promise, Lagu Indah dari Jimin BTS Masuk 5 Besar Lagu yang Paling Banyak Distreaming di Soundcloud

11 Oktober 2019 12:27 WIB


Jimin BTS. (Dok. Jimin).


Solotrust.com - "Promise", lagu dari Jimin BTS kini telah mendekati 190 juta kali streaming di Soundcloud, platform streaming musik gratis terbesar di dunia.



Baca: Alec Benjamin Rencanakan Kolaborasi dengan Jimin BTS

Dengan ini, "Promise" pun menjadi lagu Korea Selatan yang paling banyak distreaming di Soundcloud, sekaligus menempati peringkat ke-5 dari semua penyanyi di dunia hingga saat ini.

Pada Kamis (10/10/2019) pukul 11.00 WIB, "Promise" tercatat telah didengarkan hingga 189,9 juta kali streaming.

Sementara itu, "F*uck Love" dari XXXTENTACION (feat. Trippie Redd) menempati peringkat pertama, dengan sudah distreaming hingga 226 juta kali.

Selanjutnya peringkat ke-2 ditempati Lil Uzi Vert dengan "1.5- XO TOUR Llif3" (209 juta), peringkat ke-3 ditempati Major Lazer & DJ Snake dengan "Lean On" (205 juta), dan peringkat ke-4 ditempati Migos dengan "Bad and Boujee (197 juta).

Jimin menggeser Desiigner dengan "Panda" yang semula menempati posisi ke-5. Kini lagu itu berada di posisi ke-6, diikuti Big Baby DRAM ft Lil Yachty dengan "BROCCOLI",

Post Malone ft 21 Savage dengan "Rockstar", Fetty Wap dengan "Trap Queen", dan Drake dengan "Back to Back".

"Promise" atau "약속" dirilis Jimin di penghujung tahun 2018, tepatnya 31 Desember tengah malam waktu Korea Selatan.

Lagu itu berhasil memecahkan rekor sebagai lagu yang paling banyak distreaming dalam 24 jam pertamanya di platform tersebut, yakni dengan lebih dari 8,5 juta kali.

Capaian itupun mematahkan rekor yang sebelumnya dicapai Drake dengan 4,9 juta kali streaming dengan "Duppy Freestyle".

"Promise" diciptakan Jimin bersama Slow Rabbit, salah satu pencipta lagu di Big Hit Entertainment. Slow Rabbit juga bertindak sebagai arranger untuk lagu tersebut. Sedangkan untuk liriknya, Jimin bekerjasama dengan RM.

"Promise" adalah sebuah lagu pop balada lembut yang menampilkan vokal Jimin yang menggugah dengan ditemani suara gitar akustik dan beberapa lapisan vokal yang lembut.

Pada (19/1/2019), Jimin berbagi banyak hal seputar behind the song dari "Promise" melalui tayangan V Live.

 “Promise“ ternyata awalnya adalah lagu yang gelap. Lagu itu berisi teguran Jimin untuk dirinya sendiri yang harus berjuang menghadapi pertentangan yang ada dalam dirinya sendiri.

"Awalnya, lagu itu tidak dimaksudkan sebagai lagu yang menghibur seperti sekarang. Lagu itu lebih kepada teguran untuk diriku sendiri dengan lirik seperti 'Apa yang telah merasukimu' dan kata-kata yang lebih kasar lagi. Saat itu pikiranku gelap, sehingga lirik-lirik seperti itulah yang keluar," ungkap Jimin.

Jimin kemudian menceritakan seperti apa pertentangannya dengan dirinya sendiri, "Ini adalah karakterku. Aku sering bimbang dan tidak jujur pada diriku sendiri. Aku membencinya. Aku muak dengan diriku sendiri yang tidak bisa mengatakan apa yang benar-benar aku rasakan dan pikirkan."

Namun seiring dengan berjalannya waktu, Jimin bisa mulai menghilangkan pikiran-pikiran itu.

"Aku menghabiskan waktu dengan kawan-kawanku, banyak berbicara dengan anggota-anggota BTS dan juga bisa melihat kalian (ARMY) selama konser-konser kami. Itu membuatku sadar bahwa aku telah keliru. Aku berpikir bahwa aku sendirian dalam menghadapi masa yang berat ini, namun akhirnya aku memahami bahwa mungkin memang hanya sedikit orang yang bisa terbuka berbicara tentang hidup dan masalah mereka. Pasti banyak orang yang memiliki masalah yang lebih besar daripada yang aku alami, dan pasti ada banyak orang yang juga tidak pernah bisa berbicara jujur tentang hidup mereka," ungkap Jimin.

Titik balik untuk lagu itupun akhirnya terjadi di pertengahan konser BTS di Citi Field, New York, dimana Jimin saat itu berjanji pada dirinya sendiri.

"Hal-hal dapat kembali menjadi berat  dan berjalan tidak seperti yang aku harapkan. Namun ayolah, jangan membuatnya makin berat dengan aku yang keras pada diriku sendiri. Aku tidak boleh merendahkan diriku sendiri. Itulah yang aku pikirkan untuk diriku sendiri," ungkap Jimin.

Paska konser, Jimin mengatakan kepada RM bahwa ia ingin menulis sebuah lagu tentang apa yang ia rasakan tersebut. RM pun memberikan nasehat agar Jimin tidak menundanya dan coba untuk menulisnya saat itu juga.

Akhirnya, terciptalah sebuah lagu yang keseluruhan melodinya diciptakan Jimin sendiri. Namun dalam hal lirik, ia dibantu oleh RM. Bagian “I want you to be your light. You could be your night (Aku ingin kamu menjadi cahayamu. Kamu dapat menjadi malammu),” adalah lirik yang ditulis RM untuk Jimin.

"Aku pikir RM adalah seorang yang jenius. Aku mengatakan padanya bahwa aku menginginkan lirik seperti 'Aku ingin kamu untuk mencintai dirimu sendiri' untuk bagian hooknya, dan RM berpikir selama 2-3 menit dan kemudian memberikan lirik itu," kata Jimin.

Jimin mengatakan bahwa dia sangat tersentuh ketika RM menjelaskan pemikirannya di balik lirik itu.

“Seperti cahaya dan malam dalam lirik itu, yang bisa berarti sisi terang dan gelap, harapan dan keputusasaan atau kebahagiaan dan kesulitan yang ada dalam diri seseorang, akan selalu ada dua sisi itu padanya. Itulah hidup dan itulah aku. Dan Aku perlu untuk merangkul semua sisinya. Itulah yang RM katakan kepadaku," kata Jimin.

Jika kita mendengar lagu "Promise", akan banyak didengar kata "you/kamu". "You" dalam lagu tersebut berarti "Me/aku". Alasannya adalah karena lagu tersebut adalah apa yang ingin Jimin tulis untuk dirinya sendiri, dan RM memberi kontribusi besar dengan mengganti "me" menjadi "you".

Dalam wawancara di belakang panggung Golden Disk Awards (GDA), Minggu (6/1/2019), Jimin juga telah mengungkapkan alasannya menciptakan lagu tersebut, yang perlu waktu 7 bulan untuk menyelesaikannya.

"Dengan memikirkan berapa banyak orang yang tidak bisa mengungkapkan apa yang ada di dalam hatinya dan dia pendam sendirian dengan beratnya selama ini, aku membuat lagu ini (Promise), dengan harapan lagu ini bisa menjadi sedikit penghibur bagi mereka," ungkap Jimin.

Ya, "Promise" adalah lagu dengan pesan berdamai dengan diri sendiri. Merangkul semua aspek dalam diri entah sisi terang maupun gelapnya. Lagu yang tidak hanya merupakan janji Jimin untuk lebih bisa mencintai dirinya sendiri, namun diharapkan bisa menjadi sedikit penghiburan bagi orang lain, yang mungkin juga merasakan apa yang Jimin rasakan. 

Dalam postingan "Promise" di SoundCloud, Jimin juga menyampaikan terimakasih kepada V yang telah memotret dirinya, yangmana gambar tersebut ia gunakan sebagai cover art dari lagu tersebut. Jimin menyebut V sebagai fotografer terbaik. (Lin)

(wd)

  • Kontak Informasi SoloTrust.com
  • Redaksi: redaksi@solotrust.com
  • Media Partner: promosi@solotrust.com
  • Iklan: marketing@solotrust.com