Rabu , 18 September 2019

Perguruan Tinggi Jadi Tumpuan SDM Unggul Indonesia Maju

19 Agustus 2019 10:25 WIB


Upacara Peringatan Hari Kemerdekaan ke-74 Republik Indonesia di Halaman Gedung dr. Prakoso UNS, Kentingan, Jebres, Solo, Sabtu (17/8/2019).


SOLO, solotrust.com – Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta menggelar upacara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke – 74 Republik Indonesia di Halaman Gedung dr. Prakoso UNS, Kentingan, Jebres, Solo, Sabtu (17/8/2019) yang diikuti seluruh civitas akademika termasuk mahasiswa baru.



Baca: Kemeriahan Pawai Pembangunan 2019 di Solo Hari Ini

Pada kesempatan itu, Rektor UNS, Prof Jamal Wiwoho membacakan sambutan dari Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti) RI, Prof Mohamad Nasir dengan judul SDM Unggul, Indonesia Maju sebagaimana tema Peringatan HUT RI Ke-74.

Jamal menjelaskan, tema tersebut berarti pembangunan Sumber Daya Manusia (SDM) adalah kunci keberhasilan dan kesuksesan untuk Indonesia di masa depan. Di mana SDM Indonesia harus unggul di segala bidang sehingga dapat bersaing secara global.

“Terlebih ketika memasuki era Revolusi Industri 4.0. Kita sadar bahwa kemajuan industri yang berjalan tidak cukup dengan infrastruktur, tetapi harus didukung dengan peningkatan kualitas SDM yang dapat ditempuh dengan perbaikan pendidikan," kata Jamal.

Sehingga, Jamal menambahkan, Perguruan Tinggi menjadi tumpuan dan garda depan dalam upaya mencetak SDM yang unggul dan kompetitif di masa datang.

“Hal inilah yang terus diupayakan oleh UNS untuk terus melakukan perbaikan dan berprestasi. Salah satunya dibuktikan dengan masuknya UNS ke Klaster 1 dalam pemeringkatan PT di Indonesia versi Kemenristekdikti,” ujarnya.

"Kemarin sore, UNS diundang oleh Bapak Mohamad Nasir, Menristekdikti, berkaitan dengan masuknya UNS ke Klaster 1 PT terbaik di Indonesia versi Kemenristekdikti di antara 4.000-an PT. UNS sebagai kampus kebanggaan kita ini menempati peringkat ke-12 di Indonesia," lanjut Jamal menjelaskan.

Di samping itu, UNS telah meraih berbagai capaian strategis, diantaranya, empat Program Studi (Prodi) di UNS berhasil memperoleh akreditasi internasional ASEAN University Network-Qualitry Assurance (AUN QA).

“Ini menambah jumlah Prodi terakreditasi internasional di UNS menjadi sepuluh. Empat Prodi tersebut adalah S1 Ilmu Hukum, S1 Ekonomi Pembangunan, S1 Agribisnis dan S1 Pendidikan Luar Biasa.  Kemudian, 86 Prodi di UNS juga berhasil memperoleh akreditasi A di tingkat nasional dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT),” terangnya.

Baca: Konfigurasi Maru Kampanyekan Pengurangan Sampah Plastik

Adapun dalam upacara tersebut juga dilaksanakan pemberian penghargaan kepada Tenaga Pendidik dan Kependidikan Berprestasi UNS, serta penyerahan buku pedoman akademik secara simbolis kepada 47 mahasiswa internasional. (adr)

(wd)

  • Kontak Informasi SoloTrust.com
  • Redaksi: redaksi@solotrust.com
  • Media Partner: promosi@solotrust.com
  • Iklan: marketing@solotrust.com