Sabtu , 20 Juli 2019

Berharap PPDB Wonogiri Tak Carut Marut, Dinas Mulai Sosialisasi

26 Juni 2019 16:05 WIB


Ilustrasi.

WONOGIRI, solotrust.com- Pemkab Wonogiri menggunakan kebijakan zonasi RT dalam Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) SD dan SMP 2019. Zonasi untuk SD dan SMP Negeri hanya untuk calon siswa yang berdomisili satu RT atau satu lingkungan dengan sekolah yang bersangkutan, sementara calon siswa luar zona atau yang berprestasi maupun bernilai tinggi masih berpeluang masuk di sekolah unggulan.  

Baca juga:



Dispendukcapil Surakarta Tekankan Tidak Diperlukan Legalisir Saat Mendaftar PPDB 2019

Kepala Dinas Pendidikan Wonogiri Siswanto mengatakan, calon siswa dari RT yang sama dengan sekolah negeri yang dituju wajib diterima. “Calon siswa yang berprestasi maupun bernilai tinggi, kendati berjarak sangat jauh dari sekolah, terbuka peluang menjadi siswa sekola unggulan yang ada.” Ungkapnya.  

Terpisah dalam sambutannya di acara sosialisasi PPDB 2019, Selasa (25/6/2019) Bupati Wonogiri Joko Sutopo menilai kebijakan pusat soal zonasi PPDB mesti ditinjau ulang. Sebab menurutnya belum ada standardisasi yang sama, baik infrastruktur pendidikan maupun sumber daya manusia di setiap daerah.  

“Sistem zonasi itu justru membuat repot pelaksana tingkat daerah. Dengan pertimbangan itu, akhirnya Pemkab Wonogiri memutuskan zonasi hanya berbasis RT.” Tuturnya. 

Jika PPDB ditentukan hanya berdasarkan jarak antara domisili siswa dengan sekolah, lanjutnya, peluang siswa yang pintar untuk memilih sekolah menjadi kecil. Berbeda dengan zonasi di Wonogiri yang tetap membuka peluang besar calon siswa yang nilai ujiannya tinggi.  

PPDB untuk SD dan SMP Negeri di Wonogiri rencananya dimulai 1 Juli 2019, sementara lebih dari 300 Sekolah Dasar (SD) dan Madrasah Ibtidaiyah (MI) di Wonogiri saat ini mengalami kekurangan siswa. Hal tersebut merupakan imbas masih tingginya budaya merantau warga daerah tersebut. Dari total sekitar 800 SD dan MI di Wonogiri, 40 persen atau 300-an di antaranya saat ini kekurangan siswa. (noto) 

(wd)

  • Kontak Informasi SoloTrust.com
  • Redaksi: redaksi@solotrust.com
  • Media Partner: promosi@solotrust.com
  • Iklan: marketing@solotrust.com
BERITA LAINYA     »