Serba serbi

Pdogg, Produser Musik BTS Peroleh Royalti Terbanyak di Korsel Tahun 2018

Musik & Film

18 Februari 2019 21:06 WIB

Pddog (atas) dan BTS (Foto: BigHit Entertainment)

Solotrust.com - Salah satu produser musik di BigHit Entertainment yang kerap menciptakan lagu untuk BTS yakni Pdogg baru saja diberi anugerah oleh Korea Music Copyright Association (KOMCA) karena mendapatkan royalti terbanyak pada tahun 2018.

Dikabarkan Soompi dari Newsen, Sabtu (16/2/2019), KOMCA pada Kamis lalu mengumumkan siapa saja pencipta lagu yang memperoleh penghargaan terkait banyaknya royalti yang dihasilkan pada tahun 2018, dan Pdogg menang sebagai komposer sekaligus penulis lirik dengan royalti terbanyak untuk kategori musik populer.



Untuk kategori arrangement, penghargaan diberikan kepada Vanilla Man (Jung Jae Won), yang bekerja untuk artis seperti Bolbbalgan4. Ini adalah dua tahun berturut-turut ia mendapatkan penghargaan tersebut.

Sementara untuk kategori musik tradisional, penghargaan diberikan kepada Park Kyung Hoon. Kategori musik anak-anak diberikan kepada Lee So Young, dan musik klasik diraih oleh Kim Sung Gyun.

KOMCA sendiri telah memberikan Royalties Awards seperti ini sejak tahun 2015 untuk berbagai kategori.

"Kami memberikan penghargaan seperti ini tidak hanya untuk merayakan para musisi yang telah mendapatkan hati orang-orang, namun juga memberikan motivasi yang lebih kepada banyak musisi di luar sana yang menciptakan musik," kata Hong Jin Young, kepala KOMCA.

Pdogg atau Kang Hyo Won adalah seorang produser musik kelahiran 19 September 1983. Di BigHit, dia memiliki studio musik yang diberi nama Dogg Bounce. Tak hanya mencipta lagu untuk BTS, Pdogg juga membersamai BTS untuk belajar lebih dalam tentang musik hip hop.

Pdogg bekerja untuk lagu-lagu utama BTS dari mereka debut sampai saat ini, seperti "No More Dream", "N.O", "Boy In Luv", "Danger", "I Need U", "RUN", "Dope", "Fire", "Spring Day", "Blood, Sweat & Tears", "DNA", "FAKE LOVE", dan "IDOL".

"FAKE LOVE" yang pertama kali rilis dalam album "Love Yourself: Tear"  pernah berada di peringkat ke-10 chart Billboard Hot 100. Sementara album tersebut berhasil menjadi album pertama Korsel yang memuncaki Billboard 200. Album tersebut juga dinominasikan untuk kategori Best Recording Package di Grammy ke-61 tahun ini.

Sejumlah penghargaan pun telah diraih Pdogg dalam karirnya, seperti Best Producer of the Year di MAMA 2017 dan Composer of the Year dari Gaon Music Chart Awards 2018. (Lin)

(wd)