Pend & Budaya

Poltekkes Kemenkes Surakarta Gelar Seminar Deteksi Dini HIV/AIDS

Pend & Budaya

19 Desember 2018 22:03 WIB

Seminar nasional Poltekkes Surakarta. (Dok panitia)

SOLO, solotrust.com – Poltekkes Surakarta Jurusan Kebidanan menggelar seminar nasional mengenai deteksi dini dan pencegahan HIV/AIDS. Seminar dengan tema “Improve Health Workers Awareness Toward Hiv/Aids Infection In Medical Rescue” ini digelar di Hotel Swiss-Belinn Saripetojo Solo, Minggu (16/12/2018).

“Untuk lebih meningkatkan pencegahan terhadap penyakit HIV/AIDS, Poltekkes Surakarta Jurusan Kebidanan mengajak seluruh lapisan masyarakat dan tenaga kesehatan untuk mengetahui bagaimana cara melakukan deteksi dini dan pencegahannya,” jelas panitia acara melalui keterangan tertulis yang diterima solotrust.com.



Hadir sebagai pembicara yakni Dr dr Supriyadi Hari R SpOG (K), Dr Yanri Wijayanti Subroto PhD, dan Dra Ropina Tarigan SST MM.

Dalam paparannya, Supriyadi menjelaskan tentang pengertian HIV/AIDS, penatalaksanaan secara umum, dan pengaruh HIV/AIDS secara umum. Kemudian Yanri Wijayanti Subroto melanjutkan dengan sesi diskusi mengenai hal tersebut.

Sementara Ropina Tarigan menjelaskan tentang upaya bidan dalam meningkatkan kualitas ibu dan anak penderita HIV/AIDS. Menurutnya, peran bidan terhadap deteksi dan penanganan terhadap pasien dengan HIV/AIDS cukup penting.

Seminar ini juga menghadirkan ODHA yang menceritakan bagaimana bisa terpapar atau terkena HIV/AIDS. Selain itu, juga dihadirkan seorang motivator bernama Despha DendiIrawan.

Acara seminar nasional ini merupakan yang keempat kali diselenggarakan oleh Poltekkes Surakarta. Melalui seminar ini diharapkan masyarakat lebih peka dan tahu bagaimana cara melakukan deteksi dini dan pencegahannya.

(way)