Pend & Budaya

Indonesia Sabet 6 Medali di International Junior Science Olympiad (IJSO) Ke-15

Pend & Budaya

18 Desember 2018 16:39 WIB

Wakil Indonesia raih 6 medali di International Junior Science Olympiad (IJSO) Ke-15 di Botswana (Dok. Kementerian Luar Negeri RI)

Solotrust.com - Anak bangsa kembali menorehkan prestasi di tingkat dunia. Dikabarkan Kementerian Luar Negeri via lamannya, Jumat (14/12/2018), 6 orang siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP) berhasil menyabet total 6 medali yang terdiri dari 5 medali perak dan 1 medali perunggu pada International ​Junior Science Olympiad (IJSO) ke-15.

6 siswa asal Indonesia yang berhasil mengukir prestasi tersebut adalah Emilda Putri Aulia (SMP Bustanul Makmur Banyuwangi), Nathanael Tjandra (SMP Kristen Calvin Jakarta), Edward Humianto (SMP Kristen Penabur Jakarta), Mohammad Nabiel Shafa (SMPN 115 Jakarta), John Howard Wijaya (SMP Dharma Yudha Pekanbaru), dan Arin Nahda Zhafira (SMPN 1 Giri Banyuwangi).



Berlangsung di Gaborone, Botswana dari tanggal 2 hingga 12 Desember 2018, ​Kementerian Pendidikan Dasar Botswana bekerjasama dengan Botswana Science Association menjadi penyelenggara IJSO yang diikuti oleh 50 negara ini.

IJSO adalah kompetisi akademik yang diseleggarakan tiap tahun yang memperlombakan Fisika, Kimia dan Biologi untuk siswa SMP.

Setiap siswa melaksanakan kompetisi yang lumayan berat. Tidak saja pertanyaan mengenai teori dan pilihan ganda, namun mereka juga harus melaksanakan tes praktek secara berkelompok. (Lin)

(wd)