Hard News

Pertahankan Kota Bebas Rabies, Pemkot Gelar Solo Pets Expo 2018

Jateng & DIY

24 September 2018 02:10 WIB

Masyarakat antusias mengikuti perlombaan binatang dalam Solo Pets Expo 2018.

SOLO, solotrust.com- Pemkot Surakarta mengadakan Solo Pets Expo 2018 di Solo Paragon Mall, Minggu (23/9/2018). Kegiatan itu mengusung tema Pertahankan Kota Solo Bebas Rabies Dengan Mempertahankan Kesrawanan.

Dalam sambutannya, Wakil Wali Kota Surakarta, Achmad Purnomo, membacakan pidato Wali Kota Surakarta FX Hadi Rudyatmo menyampaikan, berdasarkan Keputusan Menteri Pertanian Nomor 892/Kpts/TN.560/9/1997 menyatakan bahwa Provinsi Jawa Tengah Bebas Rabies.



Solo Pet Expo Tahun 2018 ini merupakan salah satu upaya Pemerintah Kota Surakarta untuk mempertahankan “Status Bebas Rabies" di Kota Surakarta atau Jawa Tengah secara umumnya.

"Meskipun sudah bebas rabies kita harus tetap waspada dan berkewajiban mempertahankan kondisi tersebut," terang Purnomo.

Adapun dalam kegiatan Solo Pet Expo 2018 diadakan beragam kegiatan meliputi pemeriksaan kesehatan hewan dengan doker, vaksinasi rabies gratis, pemberian obat cacing gratis, hingga sosialisasi Penyakit Hewan Menular Strategis (PHMS) terutama Rabies.

"Melalui penyelenggaraan ini diharapkan menjadi sarana kepedulian warga Kota Solo akan kesehatan hewan peliharaan di masyarakat atau di rumah masing-masing sehingga kesejahteraan hewan kesayangan terjaga," jelas dia.

Acara ini didukung oleh komunitas anjing, komunitas kucing dan ikan guppy, Perhimpunan Dokter Hewan Indonesia (PDHI) cabang jateng IV dan Asosiasi Obat Hewan Indonesia (ASOHI). (adr)

(wd)