Serba serbi

Edgar Marvelo Raih Medali Pertama untuk Indonesia

Olahraga

19 Agustus 2018 18:28 WIB

Atlet wushu Edgar Xavier Marvelo berhasil mempersembahkan medali pertama bagi Indonesia dalam ajang Asian Games 2018 (INASGOC/Antara Foto/Gino F Hadi)

JAKARTA, solotrust.com– Atlet wushu Edgar Xavier Marvelo berhasil mempersembahkan medali pertama bagi Indonesia dalam ajang Asian Games 2018. Marvelo mendapatkan medali perak di cabang olahraga (cabor) wushu nomor Changquan putra, Minggu (19/8/2018).

Pada kompetisi seni beladiri tersebut, Marvelo memperoleh poin 9.72, kalah tipis dengan atlet wushu asal Cina yakni Peiyuan Sun yang memperoleh skor 9.75. Sementara itu, pewushu asal Cina Taipe yakni Tsemin Tsai memperoleh medali perunggu dengan skor 9.70.



"Terima kasih kepada semua pihak termasuk kepada pengurus, pelatih dan teman-teman semua. Juga kepada keluarga saya yang memberikan dukungan dan semangat kepada saya sehingga berhasil meraih medali perak," kata Marvelo di JIExpo, Kemayoran Jakarta, seperti dikabarkan Antara.

Pelatih Marvelo, Susyana mengatakan capaian yang diraih Marvelo sangat luar biasa karena sejak awal ia tidak ditargetkan meraih emas.

"Pencapaian ini cukup bagus mengingat Marvelo adalah atlet baru. Saya bangga atas hasil ini," kata Susyana atas pencapaian atlet muda kelahiran 16 Desember 1998 tersebut.

Ketua Umum Pengurus Besar Wushu Indonesia (PB WI), Airlangga Hartarto mengaku puas atas capaian yang dicapai pemuda 19 tahun ini.

"Alhamdulillah perolehan medali perak yang diraih Edgar adalah medali pertama untuk kontingen Indonesia. Mudah-mudahan perolehan medali terus bertambah dari wushu," katanya.

Sebelum meraih perak di ajang Asian Games 2018 ini, Edgar Xavier Marvelo juga diketahui berhasil meraih medali perak di Kejuaraan Dunia Wushu 2017 di Rusia dan meraih medali perunggu di Sea Games 2017. (Lin)

(way)