Serba serbi

YouTube Uji Tab ‘Explore’ untuk Temukan Video dan Channel Baru

Teknologi

25 Juli 2018 02:31 WIB

Ilustrasi YouTube (pixabay.com)

SOLO, solotrust.com - YouTube belakangan tengah melakukan eksperimen terhadap fitur anyar ‘Explore’ alias ‘Jelajah’. Fitur ini diharapkan nantinya bisa membantu pengguna menemukan channel atau saluran dan video anyar dengan mudah di platform saat melakukan penelusuran di seluler.

Menurut Direktur Manajemen Produk dan Host Saluran Pembuat Konten YouTube, Tom Leung, fitur Explore akan muncul sebagai tab di bagian bawah layar beranda aplikasi. Fitur ini akan merekomendasikan video berdasarkan apa yang viewer atau pemirsa sudah tonton dengan lingkup lebih luas ketimbang beranda.



“Explore dirancang untuk membantu Anda mendapatkan berbagai jenis topik, video atau saluran yang mungkin tidak Anda temui. Namun masih dipersonalisasi, jadi itu masih berdasarkan pada aktivitas penayangan Anda," kata Leung, dilansir dari The Verge, Selasa (24/07/2018).

Tab Explore anyar ini sementara masih lebih mirip dengan tab Explore serupa milik Instagram. Selain dari channel personal ‘untuk kamu, juga menawarkan feed alias umpan yang didedikasikan bagi sains, olahraga, seni dan lainnya. Twitter pun menyediakan layanan serupa, memungkinkan pengguna men-scroll atau menggulir berbagai jenis feed tidak perlu atas orang yang mereka ikuti.

(and)