Hard News

Menhub Sebut Jumlah Pemudik Sepeda Motor Menurun

Hard News

11 Juni 2018 17:02 WIB

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi. (Dok)

JAKARTA, solotrust.com – Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengatakan bahwa terdapat penurunan jumlah pemudik yang menggunakan kendaraan roda dua. Hal itu merujuk pada data Kementerian Perhubungan terkait laju arus mudik dengan moda transportasi darat.

Data tersebut menunjukan bahwa pada tiga hari (8-10 Juni 2018) terdapat penurunan jumlah kendaraan roda dua.



"Dari data tiga hari terakhir menunjukkan terjadi penurunan terhadap jumlah kendaraan roda dua sebesar 12 persen dan juga penurunan jumlah kecelakaan lalu lintas sebesar 30-40 persen. Jadi waktu tempuhnya juga berkurang. Namun juga telah terjadi kenaikan pada jumlah kendaraan roda empat sebesar 40 persen,” paparnya, Minggu (10/6/2018) dalam keterangan resmi Kemenhub.

Smenetara itu Menhub juga merekomendasikan masyarakat untuk mudik pada tanggal 11 - 12 Juni 2018. Hal ini dilakukan untuk mengurai kepadatan lalu lintas.

"Puncak kepadatan memang belum terjadi pada H-6 kemarin tapi persentase kendaraan yang melintas sudah naik kira kira 48 persen. Jadi kenaikan ini akan rata pada H-6 sampai H-1. Kementerian Perhubungan memberi rekomendasi kepada masyarakat yang ingin mudik yaitu mulai besok (Senin dan Selasa). Saya berharap arus mudik menjadi flat sehingga kondisi seperti ini tetap bisa dipertahankan," imbaunya.

(way)