Pend & Budaya

Pengin Studi Magister dan Doktoral Gratis? Dibuka Pendaftaran Beasiswa LPDP 2018

Pend & Budaya

5 Mei 2018 05:07 WIB

Ilustrasi (pixabay.com)

JAKARTA, solotrust.com - Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) Sekretariat Jenderal Kementerian Keuangan (Kemenkeu) kembali membuka program beasiswa magister dan doktoral dalam serta luar negeri untuk periode seleksi 2018.

Adapun kuota beasiswa LPDP disediakan sebanyak 4000 penerima. Dalam pengumuman disampaikan Sekretariat Jenderal Kementerian Keuangan disebutkan, program beasiswa dibuka kali ini, antara lain Beasiswa Reguler, Beasiswa Disertasi, Beasiswa Dokter Spesialis, Beasiswa Afirmasi, Beasiswa Unggulan Dosen Indonesia (BUDI) dan Program Co Funding.



“Harap diperhatikan bahwa pendaftar yang lulus seleksi di tahun 2018 dapat memulai perkuliahan di tahun 2019. Tidak ada opsi pindah perguruan tinggi setelah submit dokumen dan lulus LPDP,” bunyi pengumuman itu, dilansir dari laman resmi Sekretariat Kabinet RI, setkab.go.id, Jumat (04/05/2018).

Diungkapkan pula, mulai 2018 LPDP membuka kesempatan bagi masyarakat turut berpartisipasi dalam pembiayaan beasiswa melalui mekanisme co-funding. Jika memilih mekanisme ini, penerima beasiswa akan bersama-sama membiayai pendidikannya dengan LPDP (sharing cost) dan dapat memberikan kesempatan lebih banyak beasiswa bagi putera-puteri terbaik bangsa lainnya.

Pendaftaran tahap I: Dalam Negeri (Program Beasiswa Reguler, Beasiswa Dokter Spesialis, dan Beasiswa Afirmasi, kecuali Beasiswa Santri dan Beasiswa BUDI) dibuka mulai 7 Mei hingga 8 Juni 2018. Sedangkan tahap II: Luar Negeri (Program Beasiswa Reguler dan semua Beasiswa Afirmasi Santri, perguruan tinggi tujuan dalam negeri dan luar negeri) dibuka pada 2 Juli hingga 21 September 2018.

Seluruh proses pendaftaran (unggah dokumen) dilakukan secara online melalui laman www.beasiswa.lpdp.kemenkeu.go.id.

(and)