Serba serbi

Lions Club Solo Bengawan Adakan Medical Check-up Rutin

Olahraga

21 April 2018 10:15 WIB

Lions Club Solo Bengawan mengadakan Program Medical Check-up dengan harga terjangkau pada Jumat-Sabtu (20-21/4/2018) di Sentra Niaga The Park Mall Solo Baru. (solotrust.com/rum)

SOLO, solotrust.com - Pengecekan kesehatan dengan harga terjangkau kembali digelar Lions Club Solo Bengawan. Kegiatan sosial tersebut digelar selama 2 hari, Jumat-Sabtu (20-21/4/2018) di Sentra Niaga The Park Mall Solo Baru.

Project Officer kegiatan Medical Check Up April 2018, Christine Koestantina mengatakan kegiatan program sosial medical check up atau cek kesehatan murah ini bekerjasama dengan Laboratorium Klinik Budi Sehat.



"Secara total ada 19 panel pengecekan seharga Rp 760 ribu. Namun berkat donasi yang kita dapatkan, harganya hanya Rp 290 ribu. Sehingga ada penghematan pasien hingga 62 persen. Atau Rp 15 ribu saja untuk satu pengecekan," paparnya kepada solotrust.com di sela kegiatan, Jumat (20/4/2018).

Adapun ke 19 panel cek kesehatan itu meliputi cek darah, cek liver, cek fungsi ginjal, cek lemak, cek asam urat, pemeriksaan darah puasa (diabetes), hingga cek urine. Pasien mendaftar terlebih dahulu, lalu dilakukan pemeriksaan darah. Hasilnya baru bisa diketahui seminggu kemudian. Pasien bisa langsung mengambil hasilnya ke Laboratorium Klinik Budi Sehat.


Animo masyarakat tinggi, terlihat dari jumlah pasien di hari pertama yang mencapai 350-370 orang. Sedangkan di hari kedua ditargetkan melayani pasien sekitar 450 pasien. Pihaknya merasa senang karena target pelayanan tercapai. 

"Tujuannya kita semakin banyak orang yang peduli dengan kesehatan masing-masing. Sehingga masyarakat bisa memiliki kehidupan yang lebih sehat. Tahun ini kita mengadakan dua kali karena antusiasme masyarakat tinggi. Sebab dari 3 juta warga Solo, berarti baru dilayani sekitar 1200 pasien. Artinya masih banyak masyarakat yang bisa kita layani," terangnya.

Menurut President Lions Club Solo Bengawan, Alvin Simon, berdasar kegiatan sebelumnya, jumlah pasien selalu melebihi target. "Kita melihat dari situ mungkin masyarakat banyak yang membutuhkan. Sehingga tahun ini diadakan 2 kali untuk melayani orang yang membutuhkan," ujarnya.

Selain kegiatan seperti ini, aktivitas lain yang kita lakukan berkenaan dengan tujuan sosial. Antara lain pembagian kacamata, pembagian air bersih, pembagian bahan makanan, operasi katarak, donor darah, program cuci darah dan program rutin lain. Adapun agenda selanjutnya adalah Jalan Sehat bersama Rumah Sakit Indriati Solo Baru dan beberapa kegiatan lain. (Rum)

(wd)