Hard News

Lewat Sulap, BNN Ajak Mahasiswa dan Pelajar Perangi Narkoba

Jateng & DIY

15 Oktober 2018 09:59 WIB

Seminar mengenai bahaya narkoba di kampus Unwidha Klaten. (solotrust-jaka)

KLATEN, solotrust.com - Berbagai cara dilakukan pemerintah untuk mencegah peredaran dan penyalahgunaan narkoba di kalangan mahasiswa serta pelajar. Kali ini, Badan Narkotika Nasional (BNN) melakukan pengarahan yang diselingi adegan sulap. Hal itu dilakukan agar para peserta tidak gampang bosan.

Brigjend Pol Victor Pudjiadi selaku Direktur Advokasi Deputi Bidang Pencegahan BNN Pusat mengatakan, anak muda harus tahu apa saja jenis-jenis narkoba dan efek negatif dari penyalah gunaan narkoba.



“Anak muda harus mengerti bahayanya narkoba,” katanya kepada wartawan, Minggu (14/10/2018) di kampus Unwidha Klaten.

Menurutnya, sosialisasi pencegahan narkoba kepada anak muda perlu dilakukan melalui program (P4BN) yakni pencegahan, pemberantasan, penyalahgunaan dan peredaran narkoba. Dengan program tersebut dapat memberi pengetahuan bagaimana penyebab serta penyalahgunaan narkoba pada waktu jangka pendek dan jangka panjang.

“Ini kami selengi dengan permainan sulap, tujuannya agar mereka tidak bosan,” kata dia.

Dengan permainan sulap, menurutnya, bisa menambah daya tarik para peserta sosialisasi yang terdiri dari para mahasiswa dan pelajar ini. “Hal ini kerap saya gunakan. Agar lebih menarik,” ujarnya.

Dikatakannya, narkoba dan seks bebas sangat berbahaya dan banyak korban menimpa para pelajar dan mahasiswa. "Kami prihatin kalau di Indonesia ini banyak pengguna narkoba,” paparnya.

Sementara itu, salah seorang pelajar, Faktoni Nur, mengaku senang mendapat pencerahan tentang narkoba. “Ya, ini sangat menarik. Apalagi ada permainan sulapnya,” kata dia.

Seuasi mengikuti sosialilsasi, para siswa dan mahasiswa kemudian melakukan tanda tangan dengan komitmen memerangi narkoba bersama. (Jaka)

(way)