Pend & Budaya

Sebelas Maret IT Festival 2018

Pend & Budaya

12 September 2018 14:03 WIB

SMART IT FEST 2018.

SOLO, solotrust.com- Program Studi D3 Teknik Informatika UNS bersama Entitas Mahasiswa D3 Teknik Informatika (E-Mailkomp) akan menyelenggarakan acara SMART IT FEST (Sebelas Maret IT Festival) 2018 di atrium Hartono Mall Solo Baru, Jawa Tengah, pada 20-22 September 2018 mendatang.

Acara tersebut akna dilaksanakan di Hartono Life Style Mall Solo mulai 09.00 WIB hingga 21.00 WIB



Kegiatan SMART IT FEST 2018 akan mengangkat tema “Membangun Semangat Technopreneurship untuk Meningkatkan Persaingan di Era Global”. Tema tersebut sangat relevan jika melihat perkembangan teknologi saat ini. “Diharapkan dengan mengangkat tema ini kami dapat memberikan inspirasi kepada masyarakat umum dalam mendayagukan teknologi untuk mengembangkan potensi lokal dengan menggunakan kemampuan global.” Tulis panitia dalam rilisnya.

Beberapa acara akan mewarnai serangkaian acara SMART IT FEST 2018, anatra lain:

1. Expo Tugas Akhir

Acara ini berlangsung dari tanggal 20-22 September 2018 pukul 10.00 – 21.30. Pada acara ini akan ditampilkan karya-karya tugas akhir dari mahasiswa D3 Teknik Informatika UNS. Nantinya pengunjung secara bebas untuk melihat dan mencoba produk-produk tugas akhir mahasiswa D3 Teknik Informatika UNS. Dalam acara ini terdapat 3 kategori yang akan ditampilkan yaitu: Sistem Informasi dan Mobile Apps, Multimedia, Game

 

2. ITC (Information Technology Competition)

ITC (Information Technology Competition) merupakan serangkaian acara SMART IT FEST yang memuat kompetisi seputar teknologi yang ada dan kegunaan teknologi di kehidupan sehari-hari. Tujuan kegiatan ini selain menerapkan teknologi, juga belajar memanfaatkan teknologi dengan produktif. Dengan harapan mengembangkan teknologi tersebut menjadi sesuatu yang lebih bermanfaat untuk orang lain. Adapun kompetisi yang akan dijalankan adalah game (dota) dan Smart IT Festival Competition (SIFACOM).

Lomba Dota adalah lomba e-sport, dimana setiap tim yang beranggotakan 5 orang bertarung memenangkan sebuah pertandingan dari babak kualifikasi hingga babak final. Babak kualifikasi dibagi menjadi beberapa grup sebelum puncak acara Smart IT Fest 2018. Sasaran kegiatan lomba dota adalah masyarakat umum.

Lomba SIFACOM merupakan kompetisi membangun Web Design yang bertujuan memberikan kesempatan talenta lokal untuk membuktikan semangatnya dalam pengembangan aplikasi android. Web Design Competition merupakan rangkaian acara dari Smart IT Fest 2018, WDC merupakan kompetisi membuat design Website. WDC ditujukan untuk siswa SMA/SMK/MA sederajat yang sudah bisa maupun masih belajar dalam mengembangkan website. Peserta berkompetisi dalam tim yang beranggotakan maksimal tiga orang. WDC ini dilaksanakan dalam 2 babak, yaitu babak penyisihan design dan babak final. Pada babak penyisihan peserta mengirimkan screenshot website beserta file web site sesuai dengan format yang ditentukan. Terakhir babak final, peserta melakukan presentasi di depan dewan juri serta menampilkan karya mereka di acara Smart IT Fest 2018.

3. TALKSHOW

Talkshow tersebut mengangkat tema Mengembangkan Sumber Daya Manusia untuk menjadi entrepreneur dan akan diisi oleh DILo Solo. Dari talkshow ini diharapkan dapat memberikan pengetahuan kepada masyarakat pada umumnya tentang bagaimana mengembangkan SDM, sehingga dapat menjadi entrepreneur yang sukses. Sasaran kegiatan talkshow ini adalah mahasiswa dan masyarakat umum.

4. SEMINAR IT NASIONAL

Seminar Nasional yang akan dilaksanakan sebanyak 4 sesi dengan tema yang berbeda, dengan memperhatikan perkembangan teknologi terbaru yang sedang diperbincangkan di seluruh dunia. Dengan pembicara-pembicara yang berkompeten di bidang masing-masing dari pelaku industri kreatif yang berperan serta dalam perkembangan dunia IT. Tema yang akan diangkat pada kegiatan Stadium General ini rencananya adalah mengenai Start Up, Game Development, Android, dan Animation. Target peserta Seminar Nasional ini adalah mahasiswa dan masyarakat umum.

5. GAMELOFT CAMPUS HIRING

Gameloft Campus Hiring adalah perekrutan tenaga kerja dari developer game ternama “GAMELOFT”. Gameloft Campus Hiring akan diselenggara pada tanggal 22 September 2018 dari pukul 13.00 sampai selesai.

6. HIBURAN

Untuk lebih menghidupkan acara maka juga ada hiburan-hiburan yang akan dibawakan oleh Orkes FMIPA UNS, Orkestra SMA N 1 Wonogiri, Komunitas Daerah Rumah Jabar.

 



(wd)