Serba serbi

Bisa Jadi Inspirasi, Ini 4 Strategi Baru JYP Entertainment

Musik & Film

01 Agustus 2018 02:02 WIB

Park Jin Young, founder dari JYP Entertainment (Dok Instagram JYP @asiansoul_jyp)

SOLO, solotrust.com – Sebentar lagi para artis dari JYP Entertainment akan pindah ke gedung yang baru. Tak hanya lokasi fisik yang berubah, namun JYP (Jin Young Park) selaku founder dan chairman dari JYP Entertainment pun mempunyai strategi yang baru untuk perusahaan yang beberapa waktu lalu mendapatkan penghargaan tersebut.

JYP Entertainment tahun ini tercatat sebagai satu-satunya agensi hiburan Korea Selatan yang masuk ke dalam daftar 1.000 perusahaan dengan pertumbuhan tinggi versi The Financial Times and Statista.



Seperti diketahui, JYP Entertainment adalah rumah bagi sejumlah artis K-POP global seperti JYP sendiri, Wonder Girls, 2PM, GOT7, TWICE, DAY6, dan Stray Kids.

JYP adalah seorang produser musik handal. Sejauh ini ada 48 lagunya yang berhasil menjadi nomor 1 dalam tangga lagu di Asia. Ia pun sebagai penyanyi solo pernah memenangkan sejumlah penghargaan seperti Best Male Artist dan Best Producer di tahun 2015 dalam ajang Mnet Asia Music Awards (MAMA). Dia juga pernah disebut The New York Times sebagai Ambasador K-POP.

Artis-artis di bawah JYP Entertainment juga telah mencatatkan sejumlah prestasi, seperti Wonder Girls yang menjadi artis K-POP pertama yang masuk dalam Billboard Hot 100. Dalam hal akting, Suzy berhasil mendapatkan penghargaan aktris terbaik pada tahun 2017.

Selain itu, grup GOT7 juga telah menjual 3 juta album sejak 2015 lalu. Saat ini, mereka tengah menggelar konser di 17 negara termasuk Indonesia.

Grup TWICE juga tak kalah sukses. Mereka telah menjual 4 juta album sejak 2016. Konten TWICE di Youtube pun telah ditonton sekitar 2,5 miliar kali.

Beberapa waktu lalu, JYP Entertainment melalui channel resminya di Youtube mengunggah sebuah video yang memperlihatkan bagaimana JYP menjelaskan strategi perusahannya yang baru.

Ada empat strategi baru yang akan diterapkan oleh JYP. Diberi nama JYP 2.0, strategi ini merupakan visi 20 tahun ke depan dari seorang JYP.

Strategi pertama adalah “company in company” di mana ia akan menunjuk satu tim untuk menangani hanya satu artis. Ini berbeda dari cara sebelumnya di mana perusahaan terbagi dalam divisi-divisi seperti divisi marketing, promoting, dan manajemen yang ke semuanya menangani semua artis secara bersamaan. JYP sudah pernah menerapkan strategi tersebut untuk TWICE dan ternyata berhasil. Untuk yang akan datang, akan ada empat label di bawah JYP Entertainment.

Strategi baru kedua dari JYP adalah ‘Globalization by Localization’. Dalam hal ini, JYP akan mencari bakat-bakat dari negara lain untuk bisa diterbitkan di bawah perusahaannya. Hal ini telah ia coba di Cina di mana JYP “blusukan” sendiri ke daerah-daerah kecil di sana untuk mencari bakat.

Hasilnya, JYP menemukan enam anak Cina yang berusia rata-rata 13 tahun yang kemudian dilatih hingga debut sebagai grup bernama Boy Story. Hasilnya, debut Boy Story berhasil menempati peringkat pertama di chart QQ yang merupakan chart musik besar di Cina.

Di awal 2020 nanti, JYP akan mendebutkan semacam “TWICE versi Jepang” di mana semua anggotanya adalah orang Jepang. Ya, mereka akan fokus untuk pasar Jepang.

Strategi lain yang akan diterapkan oleh JYP adalah ‘JYP Music Factory’. Dalam rangka membuat konten yang lebih berkualitas dan efisien, JYP akan menyediakan sejumlah fasilitas di gedung yang baru yakni sembilan studio dance, 18 ruang vokal, tujuh ruangan untuk produksi musik, 11 booth untuk rekaman, dan dua mixing room. Ruangan ini lebih banyak dari yang ada di gedung sebelumnya sehingga diharapkan hasil kerja pun akan semakin meningkat.

Strategi terakhir adalah ‘Creativity from Happiness’. JYP tidak yakin bahwa dalam bisnis kreatif durasi kerja memberikan hasil yang luar biasa, karena baginya pekerjaan yang menuntut kreativitas adalah tentang menemukan ide-ide yang brilian.

“Bagaimana itu bisa terjadi jika para karyawanku saja begitu kelelahan? Bagaimana mereka bisa mendapatkan ide yang luar biasa?,” katanya.

Hal yang akan JYP lakukan terkait ini adalah membuat karyawannya berada dalam kondisi terbaik. Caranya adalah JYP akan menaati aturan dari pemerintah untuk bekerja kurang dari 52 jam dalam seminggu mulai 20 Januari 2020 mendatang. Masih ada waktu sekitar 1,5 tahun dari sekarang sebelum mereka benar-benar menerapkan aturan baru tersebut.

Yang menarik, JYP juga akan menyediakan restoran dengan semua bahan organik bagi karyawannya. Meskipun mahal, JYP akan melakukannya supaya karyawan, artis, dan juga produser yang bekerja di sana selalu sehat. Ruangan tersebut akan terletak di atas gedung dengan dipenuhi suasana yang segar dan nyaman.

Tak hanya itu, JYP juga akan merekrut para psikiater untuk secara regular menyediakan ruang konsultasi bagi para pekerja di sana. Ini dimaksudkan untuk menjaga kesehatan mental mereka. Dengan melakukan upaya-upaya tersebut, dia berharap semuanya dapat berkarya dengan kondisi terbaik dan memperoleh hasil terbaik pula. (Lin)

(way)