Hard News

Peringatan ke-71 Hari Koperasi di Solo, 29 Gunungan Diarak

Jateng & DIY

28 Juli 2018 17:17 WIB

(Dok)

SOLO, solotrust.com - Memperingati Hari Koperasi, Pemerintah Kota (Pemkot) Surakarta melalui Dinas Koperasi dan UMKM akan merayakan secara berbeda dari tahun sebelumnya.

Peringatan ke-71 Hari Koperasi dilakukan dengan mengadakan Grebeg Gunungan Hari Koperasi dengan tajuk "Gayeng Rebutan Gunungan." Acara digelar pada Minggu (29/7/2018) mulai pukul 06.00 sampai selesai dari halaman Balai Kota dan berakhir di Benteng Vastenberg.



Kepala Dinkop & UMKM Solo Nur Haryani menjelaskan, di tahun lalu rutin diadakan jalan sehat, hiburan, dan pameran. "Tahun ini kita ingin yang lain, kalau dulu ada doorprize sekarang diwujudkan dengan gunungan berupa produk anggota koperasi atau usaha koperasi," tuturnya saat dihubungi solotrust.com, Sabtu (28/7/218).

Lebih lanjut Nur mengungkap bahwa dirinya ingin mengembalikan citra positif koperasi di masyarakat. Sehingga apa yang menjadi tujuan koperasi bisa tercapai. Yaitu tidak hanya menyejahterakan anggota pada khususnya, tapi juga menyejahterakan masyarakat pada umumnya.

"Azas koperasi adalah gotong royong, maksudnya ada kebersamaan dan berbagi yang kuat mengangkat yang lemah. Prinsipnya koperasi ingin berbagi dengan masyarakat. Sehingga selain grebeg kita juga akan membagikan sembako untuk masyarakat kurang mampu di sekitar koperasi," terangnya.

Peserta gunungan berasal dari berbagai koperasi di Kota Solo dengan total 29 gunungan yang akan diperebutkan masyarakat. Gunungan dari masing-masing koperasi beda-beda, antara lain produk UKM, fesyen, craft, tas, dompet dan lain-lain. Koperasi angkatan juga berpartisipasi dengan baju tentaranya, sedangkan dari koperasi PLN menyediakan token.


Adapun daftar peserta gunungan meliputi Koperasi Pandawa Jaya, Koperasi Permata Artha, KPRI UNS, Primkop Kartika D 13/14/15, Koperasi Makmur, Kasih Sentosa,  Lydia, Puskopdit, KPRI Subur, KSP Beringin, Kopkar Usaha Bersama Dr Oen, KPRI Keluarga, KPRI STM 1, Kopkar Kasih Ibu, Kopkar Sehati PKU, Koperasi Sejahtera Bersama, Koperasi Unisri, KPRI Ikhlas, PKPRI, Koperlis, Kopkarda, Puskopwaris, Primkop Kartika D9/10/12, Kopegtel Solo, Primkop Kartika D1/2, Koperasi Citra Artha Prima, Koperasi Mekkar PDAM, KSU Monjari, KSP Manunggal Makmur, KSP Pelita Dana, dan Dinkop & UMKM.

Melalui gelaran Grebeg Gunungan tersebut, pihaknya berharap koperasi makin mendapat kepercayaan dari anggotanya. "Semoga koperasi semakin memiliki citra baik di masyarakat sehingga bisa mendorong masyarakat agar mau bergabung di koperasi sesuai pilihannya dan masyarakat semakin sejahtera," harapnya. (Rum)



(way)