Rabu , 8 April 2020

King & Prince Versi Jepang dari BTS? Begini Kata CEO Universal Music Jepang

28 Juli 2018 21:29 WIB


King & Prince (Dok Johnny & Associates)

SOLO, solotrust.com – King & Prince, grup asal Jepang yang disebut-sebut sebagai “Versi Jepang” dari BTS saat ini tengah menjadi pembicaraan yang hangat di kalangan penggemar secara online.

King & Prince debut pada 23 Mei 2018 lalu dengan single ‘Cinderella Girl’. Mereka dibentuk oleh Johnny & Associates di bawah label rekaman Universal Music Japan. Sebelumnya, Johnny & Associates yang merupakan agensi bakat berpengaruh di Jepang telah menelurkan sejumlah grup idola populer seperti KAT-TUN dan Arashi.



King & Prince terdiri dari enam anggota  yakni Hirano Sho, Nagase Ren, Takahashi Kaito, Kishi Yuta, Jinguji Yuta, dan Iwahashi Genki.

Debut King & Prince pun terbilang sukses. ‘Cinderella Girl’ berhasil memuncaki chart Billboard Japan Hot 100 pada Mei lalu.

Tak hanya itu, ‘Cinderella Girl’ juga berhasil memuncaki chart musik Oricon di Jepang karena terjual sebanyak 577.000 kopi di pekan pertamanya. Penjualan tersebut adalah penjualan tertinggi di pekan pertama untuk sebuah debut single di Jepang dalam 10 tahun terakhir.

Ya, untuk pertama kalinya sejak 12 tahun sebuah debut single berhasil melampaui angka 500.000 kopi. Pada 2006, single KAT-TUN berjudul ‘Real Face’ diketahui terjual sebanyak 754.000 kopi.

Dengan raihan ini, King & Prince pun berhasil menjadi grup kedua sepanjang sejarah musik Jepang yang berhasil mendapatkan penjualan tertinggi dengan sebuah debut single.

‘Cinderella Girl’ juga diketahui menjadi OST dari drama Jepang sekuel dari drama populer Hana Yori Dango yakni ‘Hana Nochi Hare: Hanadan Next Season’. Hirano Sho sendiri menjadi pemeran utama pria dalam drama tersebut yakni sebagai Kaguragi Haruto, penerus Domyouji Tsukasa dalam drama sebelumnya.

Beberapa hari setelah debut, grup dengan julukan ‘Kin-Puri’ tersebut juga langsung menjadi cover dari majalah populer di Jepang bernama ‘ANAN’. Itu adalah kali pertama ada sebuah grup yang menjadi cover dalam debutnya dalam 48 tahun sejak berdirinya majalah tersebut.

Tema dari feature spesial dalam edisi itu sendiri adalah ‘The Strongest Encounter’ atau ‘Pertemuan Paling Kuat’ yang mengacu pada debutnya King & Prince.

Lalu, bagaimana tanggapan CEO dari Universal Music Japan terkait King & Prince dan BTS?

“BTS memiliki sekitar 30 juta pengikut di media sosial global, dengan 10 jutanya berasal dari Jepang. Kekuatan dari grup tersebut sungguh luar biasa,” kata Fujikura Naoshi, presiden dan CEO dari Universal Music Japan kepada Yahoo! Japan beberapa waktu lalu sebagaimana dikabarkan The Korea Times.

“Saya pikir bertambahnya jumlah artis Jepang memperlihatkan kemauan bahwa mereka dapat membuat pencapaian seperti itu juga, setelah menyaksikan sendiri bagaimana kesuksesan BTS,” tambahnya.

Naoshi juga mengungkapkan bahwa BTS telah menjadi motivasi yang besar. King & Prince pun akhirnya lahir setelah ia menemukan potensi dari para anggotanya.

“King & Prince adalah sebuah contoh, menargetkan pasar luar negeri dengan keantusiasan para anggotanya dalam belajar Bahasa Inggris. Sekarang ini lebih dituntut untuk mengembangkan para bintang muda, namun kami harus melakukannya,” lanjutnya.

Setelah sukses dengan ‘Cinderella Girl’, King & Prince akan kembali dengan lagu baru bertajuk ‘High On Love’. Lagu tersebut juga akan menjadi OST dari film live action ‘Ui, Rabu’ (You, I Love). Hirano Sho juga menjadi peran utama dalam film tersebut. (Lin)

(way)

  • Kontak Informasi SoloTrust.com
  • Redaksi: redaksi@solotrust.com
  • Media Partner: promosi@solotrust.com
  • Iklan: marketing@solotrust.com