Senin , 17 Mei 2021

Ponpes Assalaam Buka Observatorium Gratis Untuk Nobar Gerhana Bulan

26 Juli 2018 20:01 WIB


Sejumlah santri di lantai atas gedung observatorium CASA, PPMI Assalaam, Sukoharjo. (Dok internet assalaam.or.id)

SUKOHARJO, solotrust.com - Fenomena gerhana bulan terlama abad ini bakal terjadi pada Sabtu (28/7/2018) dini hari. Masyarakat yang ingin menyaksikan moment itu bisa datang langsung ke Pondok Pesantren Modern Islam Assalaam, Sukoharjo.

Seperti disampaikan Kepala Humas PPMI Assalaam, Qomaruddin kepada solotrust.com, pihaknya mempersilakan masyarakat umum untuk turut hadir menyaksikan fenomena alam langka ini mulai pukul 00.00 WIB.



"Kami persilakan masyarakat umum untuk datang di observatorium lantai 6 PPMI Assalaam, kami buka  untuk umum seperti waktu-waktu sebelumnya dan ini gratis, kita siapkan fasilitasnya," katanya saat ditemui di kantor Kamis (26/7/2018)

Menurutnya, sudah menjadi tradisi Ponpes Assalaam setiap adanya fenomena gerhana, pihaknya menggelar shalat gerhana berjamaah dan juga menyaksikan gerhana secara bersama-sama. Meski begitu, masyarakat umum yang ingin menyaksikan gerhana diimbau untuk mematuhi koridor dengan memakai pakaian pantas pakai sesuai dengan tradisi pondok pesantren.

Sementara itu, Pembina Club Astronomi Santri Assalaam (CASA), AR Sugeng Riyadi menambahkan, pihaknya sudah mempersiapkan belasan teleskop untuk mengamati berlangsungnya gerhana bulan terlama itu. Selain itu, masyarakat yang membutuhkan penjelasan mengenai fenomena ini tidak perlu sungkan bertanya pada CASA.

"Kami siapkan lima teleskop utama dan sepuluh teleskop buatan santri, masyarakat juga bisa bertanya-tanya tentang fase-fasenya, di sana ada santri kami yang tergabung di CASA," sambungnya

Tidak hanya itu, menariknya lagi untuk menghangatkan suhu udara yang relatif dingin pada dini hari, CASA juga menyediakan makanan dan minuman penghangat tubuh.

"Ini kan berlangsungnya dini hari di atas jam 12 malam sampai dengan jam 5 pagi, jadi kita siapkan juga godhog-godhogan," ujar AR (adr)

(wd)

  • Kontak Informasi SoloTrust.com
  • Redaksi: redaksi@solotrust.com
  • Media Partner: promosi@solotrust.com
  • Iklan: marketing@solotrust.com