Hard News

Pantai Sundak, Gunung Kidul Diterjang Gelombang Setinggi 7 Meter

Hard News

25 Juli 2018 09:58 WIB

Gelombang tinggi menerjang Pantai Sundak, Kabupaten Gunungkidul. (dok/twitter @Sutopo_PN)

YOGYAKARTA, solotrust.com- Gelombang tinggi menerjang Pantai Sundak, Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Selasa (24/7/2018) malam.

Kepala Data dan Informasi Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho melalui akun twitternya mengatgakan, gelombang yang  menerjang  Pantai Sundak, Kabupaten Gunungkidul tadi malam diperkirakan setinggi 5 hingga 7 meter.



“Gelombang tinggi menerjang Pantai Sundak, Kab. Gunungkidul DIY pada 24/7/2018 malam. Gelombang akan makin tinggi. Hari ini (25/7/2018) diperkirakan tinggi gelombang 5-7 meter.“ Tutur Sutopo.

Menyikapi hal tersebut, Sutopo pun mengimbau kepada masyarakat yang berwisata ke pantai selatan DIY agar tetap waspada dan tidak melakuka aktivitas di sekitar pantai.

“Masyarakat dihimbau hati-hati dan waspada. Jangan melakukan aktivitas di sekitar pantai.” Ungkap Sutopo.

Sementara itu dalam rilis resminya yang diterima solotrus.com, Senin (23/7/2018), Kepala Stasiun Klimatologi Mlati Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) Agus Sudaryatno mengatakan, gelombang hingga setinggi 5 meter diperkirakan akan terjadi paling tidak sampai 29 Juli 2018.

Kondisi tersebut terjadi karena perbedaan tekanan udara yang siginifikan antara belahan bumi utara dan selatan.

“Kondisi ini (perbedaan tekanan udara yang siginifikan antara belahan bumi utara dan selatan) berdampak pada peningkatan kecepatan angin hingga lebih dari 35 km/jam dan peningkatan gelombang laut di pesisir selatan Yogyakarta,” jelas Agus.

(wd)