Hard News

Kalahkan Bali, Surabaya Jadi Kota Terbaik di Indonesia

Hard News

24 Juli 2018 07:04 WIB

Tugu Pahlawan Surabaya (pixabay.com)

JAKARTA, solotrust.com - Kota Surabaya dinobatkan menjadi kota terbaik pada Yokatta Wonderful Indonesia Tourism Awards 2018 digelar di Balairung Soesilo Soedarman, Gedung Sapta Pesona Jakarta, Kantor Kementerian Pariwisata (Kemenpar), Jumat (20/07/2018). Surabaya berhasil mengalahkan Kota Denpasar (Bali) di posisi kedua dan Bandung (Jawa Barat) di posisi ketiga dari 34 kabupaten/kota di Indonesia.

“Selamat kepada para pemenang, terutama Surabaya yang size dan pertumbuhan tertinggi di atas 40 persen performancy-nya,” kata Menteri Pariwisata (Menpar), Arief Yahya, dilansir dari laman resmi Kementerian Pariwisata RI, kemenpar.go.id, Senin (23/07/2018).



Ketua Dewan Juri Yokatta Wonderful Indonesia Tourism Award 2018, Didien Junaedi mengatakan, ada empat indikator penilaian mendasari pemilihan pemenang dengan bobot berbeda. Selain kinerja usaha pariwisata, termasuk pula indeks pariwisata Indonesia (daya saing 30%), Indonesia’s Attractiveness Award (dimensi pariwisata 15%) serta penghargaan internasional dan nasional (15%).

“Dari indikator penilaian itu, terdapat 134 kabupaten/kota terbaik di bidang pariwisata di Indonesia. Adapun dari jumlah tersebut dipilih  top sepuluh kota terbaik, top sepuluh kabupaten terbaik dan top satu dari masing-masing provinsi di Indonesia dengan best of the best-nya jatuh ke Provinsi Jawa Timur dengan Kota Surabaya mendapat nilai 7.36,” kata Didien Junaedi.

Sementara Menpar Arief Yahya mengatakan, keberhasilan suatu daerah menjadi destinasi wisata lantaran memenuhi unsur 3A (atraksi, aksestabilitas dan amenitas), namun paling penting  adalah komitmen pemerintah daerah mengembangkan pariwisata.

“Lebih penting dari 3A adalah CEO commitment atau komitmen kepala daerah. Kalau CEO-nya tidak komitmen, hal itu tidak akan tercapai. Pariwisata itu paling mudah dan murah, sayang sekali jika rekan-rekan tidak memanfaatkanya,” kata dia.

Yokatta Wonderful Indonesia Tourism Awards 2018merupakan bentuk penghargaan kepada kabupaten atau kota memiliki komitmen, performansi, inovasi, kreasi dan leadership dalam membangun pariwisata daerah. Penghargaan ini merupakan apresiasi bagi pemerintah daerah memiliki peran sangat besar untuk mengembangkan pariwisata daerah. 

(and)