Hard News

Tarik Wisatawan, Kedubes Cina Bikin Video Animasi Asian Games 2018

Jateng & DIY

21 Juli 2018 16:03 WIB

Asian Games 2018.

JAKARTA - Kedutaan Besar (Kedubes) Republik Rakyat Cina di Indonesia meluncurkan video pendek animasi bertema Asian Games 2018 berjudul Wonderful Trip to Indonesia. Video tersebut merupakan layanan konsuler bertema untuk mempermudah wisatawan Cina saat berkunjung ke Indonesia selama pergelaran multi-event olahraga se-Asia itu.

"Ini pertama kali kedutaan menggunakan media iklan layanan masyarakat melalui video animasi. Tujuannya untuk mempermudah dan lebih menarik wisatawan Cina," ujar Kuasa Usaha Kedubes Cina di Indonesia Sun Weide, seperti dilansir Antara beberapa waktu lalu.



Video animasi berdurasi 10 menit itu dibuat oleh Kedubes Cina dalam waktu setengah tahun. Dengan slogan "Wonderful Trip, Amazing Games", video pendek tersebut mengusung konsep berwisata aman dan bertanding nyaman.

Wonderful Trip to Indonesia akan ditampilkan secara berulang di Terminal 3 Bandara Internasional Soekarno-Hatta pada saat Asian Games 2018 berlangsung. Selain itu, penerbangan Cina ke Indonesia yakni Air Cina, Cina Southern, Cina Eastern dan Xiamen Air juga akan menayangkan video tersebut.

"Kami berharap, video tersebut membuat warna negara Cina dapat terbantu dalam melakukan perjalanan ke Indonesia. Dan lebih meningkatkan kesadaran agar perjalanan wisata lebih nyaman," kata Weide.

Dalam video tersebut, menampilkan tiga maskot Asian Games 2018 yakni Bhin Bhin (Cendrawasih), Atung (Rusa Bawean) dan Kaka (Badak Jawa). Serta terdapat juga dua panda asal Cina bernama Cai Tao dan Hu Chun yang ada di Taman Safari, Bogor.

Video tersebut juga berisi hal-hal yang perlu diperhatikan ketika masuk dan keluar wilayah Indonesia. Seperti tindak pencegahan dan keamanan, adat istiadat dan kebiasaan masyarakat Indonesia. Video itu juga akan membantu warga Cina dalam memahami peraturan hukum di Indonesia.

Direktur Pemasaran Internasional untuk Cina Kementerian Pariwisata Vinsensius Jamadu mengapresiasi langkah Kedubes Cina melalui video pendek tersebut. "Dari sekian banyak negara peserta Asian Games, Cina merupakan negara pertama yang mempromosikan Asian Games 2018," kata Vinsensius.

Kementerian Pariwisata akan membantu pihak Kedubes Cina untuk memperkenalkan video tersebut kepada pihak penerbangan seperti, Garuda Indonesia, Lion Air, Citilink, Air Asia dan penerbangan domestik lainnya. #teras.id

(way)