Hard News

Api Asian Games Diinapkan Semalam di Muspusdirla

Hard News

17 Juli 2018 21:31 WIB

Kepala Staf Angkatan Udara (Kasau) Marsekal TNI Yuyu Sutisna saat membawa api Asian Games. (dok/TNI AU)

YOGYAKARTA, solotrust.com- Museum Pusat TNI AU Dirgantara Mandala (Muspusdirla) Yogyakarta, menjadi tempat nginap pertama bagi Api Asian Games 2018, sebelum diarak ke sejumlah kota di Indonesia. Dipilihnya Muspusdirla, karena museum yang mengoleksi 60 lebih jenis pesawat TNI AU dari berbagai negara ini telah menjadi salah satu ikon dan destinasi wisata di Yogyakarta. Dengan diinapkan di Muspusdirla, diharapkan masyarakat dapat melihat langsung keberadaan api abadi yang di ambil dari India.

Sebelum sampai di Yogyakarta, api Asian Games diterbangkan menggunakan pesawat TNI AU jenis Boeing 737 Skadron Udara 17 Lanud Halim Perdanakusuma dari New Delhi India, Lanud Sultan Iskandar Muda (SIM) Aceh kemudian terbang menuju Lanud Adisutjipto Yogyakarta.



Prosesi penyambutan kedatangan api Asian Games 2018 tergolong unik. Sesaat sebelum mendarat, pesawat boeing yang membawa api Air Games 2018 dikawal satu flight pesawat tempur T-50 Golden Eagle Skadron Udara 15 Lanud Iswahjudi.

Setelah mendarat di Lanud Adisutjipto Yogyakarta, api diserahkan oleh tim Torch Relay yang diwakili mantan pebulutangkis putri nasional Susi Susanti kepada Kepala Staf Angkatan Udara (Kasau) Marsekal TNI Yuyu Sutisna. 

Dengan pengawalan dua peleton prajurit bergodo Kraton Ngayogyakarta Hadiningrat selanjutnya api diarak menuju Muspusdirla menggunakan kereta berkuda untuk diinapkan semalam. Sebelum diarak ke beberapa wilayah Indonesia, rencananya api Asian Games akan dipadukan dengan api abadi Mrapen dari Indonesia di Candi Prambanan.

(wd)