Hard News

Asian Games 2018 Akan Jadi Momen Bersejarah Bagi Dua Korea

Hard News

17 Juli 2018 18:25 WIB

Pemimpin Korut Kim Jong Un (kiri) dan Presiden Korsel Moon Jae In (kanan) saat berada di The Peace House di desa perbatasan Panmunjon DMZ pada 27 April (Dok. AP)

Jakarta, solotrust.com –Asian Games yang merupakan salah satu ajang olahraga terbesar di dunia setelah Olimpiade akan segera dihelat di Jakarta dan Palembang pada 18 Agustus hingga 2 September mendatang.

Dalam ajang tersebut, keikutsertaan dua Korea yakni Korea Utara dan Selatan dianggap akan menjadi peristiwa bersejarah. Pasalnya,dua Korea akan menurunkan tim gabungan dalam 3 cabang olahraga pada Asian Games kali ini, yakni bola basket, kano dan juga dayung untuk wanita. Mereka akan berkompetisi bersama dalam 6 pertandingan dalam ketiga cabang olahraga tersebut.



Tak hanya itu, sebagaimana dikutip dari Japan Times (15/7/2018), pada upacara pembukaan, 100 delegasi dari Korut dan Korsel diharapkan akan berbaris bersama di bawah satu bendera. Lagu tradisional Korea berjudul ‘Arirang’ pun akan diperdengarkan kapanpun atlet dari tim gabungan tersebut menang.

Dewan Olimpiade Asia sendiri beberapa waktu lalu juga telah merilis sebuah pernyataan yang menyatakan bahwa momen ini akan menjadi yang pertama kalinya bagi kedua Korea, dan pertandingan tersebut akan menjadi pertandingan yang bersejarah.

Hal ini diketahui adalah buah dari deklarasi bersama yang ditangani oleh kedua pemimpin pada bulan April lalu, yangmana kedua belah pihak akan menunjukkan solidaritas dengan berpartisipasi bersama dalam acara olahraga internasional.

Presiden Joko Widodo juga telah secara resmi mengundang pemimpin Korea Utara dan Korea Selatan untuk menghadiri upacara pembukaan Asian Games 2018 bulan depan.

Sekretaris kabinet, Pramono Anung mengatakan bahwa surat undangan resmi sudah dikirimkan kepada pemimpin Korut Kim Jong Un dan presiden Korsel Moon Jae In pada Jumat (13/7/2018) lalu. (Lin)

(wd)

Berita Terkait

Berita Lainnya