Hard News

Enam Langkah Wujudkan PNS Berkelas Dunia, CPNS Harus Tahu!

Hard News

16 Juli 2018 05:02 WIB

Kepala BKN Bima Haria Wibisana (Dok BKN)

JAKARTA, solotrust.com – Pemerintah akan kembali membuka pendaftaran Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di tahun ini. Namun sebelum itu, Kepala Badan Kepegawaian Nasional (BKN) Bima Haria Wibisana menyampaikan bahwa PNS nantinya harus bisa menghadapi era revolusi industry 4.0.

Dalam menghadapi era tersebut, dia meyebut sedikitnya terdapat enam langkah untuk mewujudkan PNS berkelas dunia. Hal itu ia ungkapkan saat menyampaikan executive summary pelaksanaan Rakornas Kepegawaian Tahun 2018, 11 Juli lalu di ICE BSD Tangerang.



“Pertama, sinergi dalam mengakomodasi kualifikasi dan kinerja ASN sesuai dengan tuntutan era revolusi 4.0,” tulis BKN dalam rilis resminya.

Kedua disebutkan Bima, yakni melaksanakan kaderisasi kepemimpinan dengan menerapkan talent management yang terdiri dari penetapan talent pool, talent development, dan talent retention.

Sementara ketiga, Bima menyampaikan pengembangan talenta ASN yang masuk ke dalam kelompok rencana suksesi agar memiliki kompetensi berkelas dunia. Hal itu ditandai dengan penguasaan teknologi digital, penguasaan bahasa asing, dan berwawasan global.

Keempat yakni penyusunan perencanaan suksesi di setiap instansi pusat dan daerah yang disampaikan kepada BKN selaku pengelola sistem informasi ASN. Sedangkan kelima, menyiapkan infrastruktur yang mendukung pemanfaatan teknologi digital secara massif di seluruh Instansi Pemerintah Pusat dan daerah.

“Dan terahir keenam adalah membangun sinergi antara Instansi Pemerintah Pusat dan Daerah dalam mewujudkan ASN berkelas dunia secara intensif dan berkesinambungan.”

(way)