Serba serbi

5 Bintang Hallyu Terpopuler Versi KOFICE Saat Ini

Musik & Film

12 Juli 2018 01:11 WIB

BTS jadi salah satu bintang Hallyu terpopuler saat ini (Dok.Billboard)

Solotrust.com – Hallyu atau gelombang Korea adalah istilah yang mengacu pada tersebarnya budaya populer asal Korea Selatan secara global yang dimulai sejak tahun 90an. Hallyu meliputi berbagai hal dari mulai drama Korea, film Korea, komik Korea (manhwa), K-POP hingga masakan dan bahasa Korea. Ketertarikan masyarakat global kepada Hallyu ini umumnya memicu mereka untuk ingin mempelajari lebih dalam mengenai kebudayaan Korea itu sendiri.

Lalu, siapa saja bintang Hallyu terpopuler saat ini yang mampu mempopulerkan budaya pop Negeri Ginseng ke ranah global?



Berdasarkan daftar yang dirilis oleh Korea Foundation for International Culture Exchange (KOFICE) yang dikutip via The Korea Times (10/7/2018), Psy ternyata menjadi bintang Hallyu pertama yang paling populer saat ini. Psy begitu populer karena hitsnya ‘Gangnam Style’ yang rilis pada 2012 silam. Psy yang bernama asli Park Jae Sang ini juga merupakan artis Korea Selatan pertama yang bisa tembus chart Billboard Hot 100.

Posisi selanjutnya yakni 2 hingga 4 ditempati oleh aktor dan aktris Korea. Peringkat 2 ditempati oleh aktor Lee Min Ho yang begitu populer berkat penampilannya dalam sejumlah drama seperti ‘Boys Before Flowers’ dan ‘The Heirs’.

Lee Min Ho diketahui begitu populer di Timur Tengah. Ia pernah memenangkan polling popularitas dari 3000 pendengar radio KBS di 22 negara yang menggunakan Bahasa Arab. Hasilnya, ia mendapatkan total 14,8% suara ketika para responden ditanya tentang siapa orang Korea pertama yang terbersit dalam kepala mereka.

Posisi ke-3 dan ke-4 berturut-turut ditempati oleh aktor Song Joong Ki dan aktris Song Hye Kyo. Dua bintang yang kini telah menjadi pasangan suami istri ini begitu terkenal berkat perannya dalam drama ‘Descendants of the Sun’ yang rilis 2016 lalu.

Drama ini mendapatkan popularitas yang sangat tinggi di Asia terutama Cina. Di Cina, iQiyi secara eksklusif membeli hak eksklusif untuk menstreaming drama ini seharga $250.000 Dollar Amerika Serikat per-episode. Drama ini dirilis secara bersamaan di Korea Selatan dan Cina dan ini adalah pertama kalinya hal tersebut terjadi. Di Cina, drama ini telah dilihat sebanyak 2,4 miliar kali per April 2016.

Bintang Hallyu kelima yang paling populer saat ini adalah boygroup asal Big Hit Entertainment yakni BTS. BTS diketahui begitu populer di Amerika Serikat, pasar musik terbesar di dunia. Baru-baru ini, grup beranggotakan RM, Jin, Suga, J-Hope, Jimin, V dan JungKook ini berhasil mengukir sejarah dalam chart Billboard karena ‘Love Youself: Tear’ berhasil menjadi album Korea Selatan pertama yang berhasil bertengger di puncak Billboard 200.

Tak hanya itu, lagu andalan mereka dalam album tersebut yakni ‘Fake Love’ juga berhasil debut di peringkat 10 dalam chart Billboard 100 yang terkenal begitu kompetitif. Debut ini adalah debut dengan peringkat paling tinggi yang pernah diraih oleh penyanyi asal Korea Selatan.

Kabar terbaru, ‘Love Youself: Tear’ juga berhasil masuk dalam 10 besar album fisik terlaris di Amerika Serikat di pertengahan tahun ini karena sudah terjual sebanyak 132.000 kopi. Dalam daftar tersebut, BTS merupakan satu-satunya artis asal Asia. (Lin)

(wd)

Berita Terkait

Berita Lainnya