Ekonomi & Bisnis

Target Ditambah, Semester I 2018 Capaian Pajak 35,31%

Ekonomi & Bisnis

29 Juni 2018 01:08 WIB

Kepala Kanwil DJP Jateng II Rida Handanu (solotrust-rum)

SOLO, solotrust.com - Realisasi penerimaan pajak di Kantor Wilayah (Kanwil) Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Jawa Tengah II pada semester pertama tahun 2018 baru mencapai sepertiga dari target.

Kepala Kanwil DJP Jateng II Rida Handanu mengatakan, total target yang memang harus dicapai sebesar Rp12,5 triliun untuk tahun 2018.



"Terkait capaian pajak tahun ini sudah mencapai 35,31% dengan pertumbuhan sekitar 6%. Pencapaian sekarang ini lebih bagus dari tahun lalu meski target ditambah," tuturnya kepada solotrust.com, Kamis (28/6/2018).

Realisasi penerimaan pajak di Kanwil II tersebut dinilai masih lebih bagus dibanding tahun lalu. Pihaknya optimistis bahwa penerimaan pajak tahun ini bisa dicapai lebih baik dari tahun lalu.

Menurut Rida, biasanya justru semester kedua yang penerimaan pajaknya besar. Jadi, penerimaan pajak di periode Januari-Juni di kisaran antara 35 - 45 persen. Sedangkan semester ke 2, penerimaan pajak mencapai 55-60 persen.

"Tren penerimaan pajak memang begitu karena terkait pertumbuhan ekonomi," imbuhnya.

Beberapa faktor penyebab antara lain di awal tahun masih ada tax amnesty. Untuk realisasi anggaran, biasanya serapan baru terjadi di Bulan Juli-Desember. Ekonomi juga baru tumbuh di semester ke 2. Terlebih wilayah Solo masih banyak ekonomi ditunjang APBN maupun APBD.

"Memang harus agak kerja keras lagi untuk enam bulan terakhir," tandasnya. (Rum)

(way)