Pend & Budaya

Yopala Solo Menjadi Tuan Rumah Pecinta Alam Pangudi Luhur

Pend & Budaya

26 Juni 2018 12:01 WIB

Pecinta Alam Pangudi Luhur (PAPL).

Solotrust.com- Berawal dari kerinduan untuk senantiasa bersatu sebagai saudara dan berbagi pengalaman menjadi titik awal kebersamaan.

Berawal pada tahun 1993 diselenggarakan kemah bakti nasional dari SMA PL St.Yosef Surakarta bertempat di Kali Boyong, dilanjutkan tahun 1999 cara serupa dilaksanakan di Kopeng dengan tuan rumah SMA PL Brawijaya Jakarta dan pada tahun 2001 SMA PL Sedayu ditunjuk sebagai tuan rumah hingga akhirnya terciptalah sebutan Pecinta Alam Pangudi Luhur (PAPL) sebagai nama wadah perkumpulan ini.



‌PAPL tahun ini diadakan oleh Yopala Solo (SMA st. YOSEF ska) pada 2-7 Juli 2018, dengan tema "sinergi pengetahuan dan alam dalam kebersamaan."

Tema tersebut bertujuan agar peserta memahami hubungan antara pengetahuan yang terdiri dari materi kepecinta-alaman serta kebersamaan saat berkegiatan untuk mempererat hubungan antara tim Pecinta Alam dan warga sekitar. Agenda ‌PAPL tahun ini Yopala Solo akan bekerjasama dengan Tim SAR HNC Lanud Adisumarmo.

“Kita Yopala bekerja sama dengan Tim SAR HNC Lanud Adisumarmo (Human And Nature)  yang bermarkas di Bandara lama Adi Soemarmo.” Tutur panitia.

‌Kegiatan hari pertama akan diisi materi seminar penulisan jurnal dan pendidikan Bela Negara. Juga dimeriahkan penampilan dari beberapa ekskul dari St. Yosef Surakarta, yaitu Teater Biroe dan No Space Dance Crew sebagai ucapan selamat datang bagi peserta.

‌Kegiatan hari kedua peserta akan bergerak ke Waduk Delingan dan diisi dengan materi Water Rescue, Self Rescue dan olimpiade Olah Gerak Perahu.

‌Kegiatan Hari ketiga akan diadakan di Gondosuli dimana peserta akan dibawa ke sebuah tebing untuk olimpiade Knots (simpul dan tali), Rock Climbing, dan Anchoring.

‌Kegiatan hari ketiga (sore) dan keempat peserta akan bergeser ke tlogo dringo, tawangmangu untuk olimpiade Orientering dan ESAR, dimana di dalamnya meliputi materi Packing, Survival, Risk Management, Navigasi Darat dan bivak

‌Kegiatan hari kelima peserta dibawa kembali ke sekolah untuk baksos, pembagian tong sampah di sekitaran kelurahan sumber. ‌kegiatan keenam akan ada pembagian trofi dan pengumuman pemenang olimpiade sekaligus sebagai penutup keseluruhan acara.

()