Minggu , 16 Mei 2021

Salut! Suporter Jepang Beri Teladan Baik di Piala Dunia 2018

25 Juni 2018 14:04 WIB


Suporter Jepang terlihat memunguti sampah di Ekaterinburg Arena Stadium setelah hasil seri pertandingan dengan Senegal 24 Juni 2018 (Dok The Asahi Shimbun)

SAMARA, solotrust.com – Lagi, para suporter timnas Jepang memberikan teladan yang baik selama Piala Dunia 2018. Mereka terlihat selalu memunguti sampah setelah selesai menyaksikan pertandingan tim mereka.

Terbaru, mereka membersihkan sampah setelah laga Jepang kontra Senegal di Ekaterinburg Arena, Minggu (24/6/2018).



Tak hanya orang dewasa, namun anak-anak pun terlihat melakukan hal yang sama. Mereka yang membawa kantong plastik berwana biru memunguti sampah di sekitar tribun yang mereka tempati.

“Kami berharap bisa menunjukkan budaya kami kepada dunia melalui kompetisi ini,” kata salah satu suporter Jepang, Wataru Morita di luar stadion sebagaimana dilansir dari The Asahi Shimbun, Senin (25/6/2018).

Sebelum pertandingan berlangsung, bek Jepang Maya Yoshida juga mengatakan bahwa tim Samurai Biru sangat berhati-hati terhadap kebersihan mereka.

“Ruang loker kami setelah pertandingan, dibanding dengan yang ada di Liga Premier jauh lebih bersih,” kata bek Southampton tersebut.

Yoshida juga menambahkan bahwa mereka sangat terkesan kepada para suporternya. “Untuk para penggemar kami yang datang dari Jepang ke Rusia dan dipuji oleh media dan seluruh dunia, kami merasa bangga dengan itu.”

“Ada pepatah di Jepang bahwa kita harus meninggalkan semuanya bersih sama seperti ketika kita datang ke tempat tersebut. Itu adalah adalah budi pekerti, sehingga kami harus melakukannya,” tambahnya.

Scott North, seorang profesor sosiologi dari Universitas Osaka mengatakan bahwa menjaga standar yang tinggi untuk kebersihan sudah mengakar kuat atau mendarah daging dalam kebudayaan Jepang.

“Membersihkan sekolah adalah sebuah bagian dari kegiatan di sekolah dan sebuah aspek edukasi yang murid-murid terima. Bersih-bersih berkontribusi untuk menjaga lingkungan layak huni di kota-kota padat penduduk dan juga merupakan ekspresi kepedulian dan perhatian kepada tetangga. Saya pikir orang Jepang bangga menyadari reputasi bangsa mereka dengan budaya bersihnya,” katanya.

Ini bukanlah yang pertama kalinya suporter Jepang bersih-bersih di Rusia. Sebelumnya, mereka juga membersihkan sampah setelah menyaksikan laga Jepang kontra Kolombia di partai perdana Grup H. Mereka pun juga melakukan hal yang sama pada Piala Dunia di Brazil pada 2014 silam.

Dalam pertandingan kemarin, Timnas Jepang bermain imbang 2-2 melawan Senegal. Hasil ini membuat keduanya sama-sama meraup total 4 poin dari dua laga yang sudah dijalani.

Ini artinya laga pamungkas pada 28 Juni mendatang akan begitu penting bagi keduanya untuk bisa lolos babak 16 besar. Setelah ini, Jepang akan bertemu Polandia dan Senegal akan berhadapan Kolombia. (Lin)

(way)

  • Kontak Informasi SoloTrust.com
  • Redaksi: redaksi@solotrust.com
  • Media Partner: promosi@solotrust.com
  • Iklan: marketing@solotrust.com