Hard News

Tiga Selter Dipastikan Siap Tampung Pengungsi Jika Merapi Meletus

Jateng & DIY

23 Juni 2018 18:10 WIB

Selter di Desa Kebondalem Lor, Kecamatan Prambanan, Klaten dipastikan siap tampung pengungsi Merapi. (solotrust-joko)

KLATEN, solotrust.com - Sebanyak tiga selter pengungsian dipastikan siap menampung warga jika kondisi Gunung Merapi mengharuskan warga sekitar untuk mengungsi. Kepastian siapnya selter untuk menampung pengungsi itu salah satunya berada di Desa Kebondalem Lor, Kecamatan Prambanan, Klaten.

Hal tersebut dikatakan Kepala Desa Kebondalem Lor Agus Nugroho kepada wartwan, Sabtu (23/6/2018).



Terkait hal itu, pihaknya sudah melakukan koordinasi dengan pihak Desa Balerante hingga tiga kali, terkait pendataan jumlah warga baik yang lansia hingga anak anak, termasuk pendataan hewan ternak warga lereng Merapi.

"Kalau selter Kebondalem Lor  ini untuk menampung gelombang pengungsi dari warga lereng Merapi wilayah barat yakni Desa Balerante," kata Agus.

Menurutnya, data ini penting lantaran untuk penerimaan bantuan nantinya agar tidak terjadi double penerimaan.

Lanjutnya, selain selter di Desa Kebondalem Lor, selter Demakijo di Kecamatan Karangnopngko, Selter Menden di  Kecamatan Kebonarum juga dipastikan telah disiapkan.

"Untuk di selter Kebondalem Lor misalnya untuk listrik dan kebutuhan air sudah dipastikan sudah ready," sebut Agus.

Sementara itu, Koordinator Klaster Perternakan sekaligus Tim Kesehatan Hewan Kecamatan Prambanan Margito mengaku, pihaknya juga telah melakukan koordinasi dengan desa-desa di lereng Merapi terkait data jumlah ternak yang siap diungsikan jika terjadi erupsi Merapi.

"Ada empat titik di Desa Kebondalem Lor baik lokasi di samping selter serta sejumlah kandang warga," jelas Margito.

Berdasarkan pantauan solotrust.com di lokasi, bangunan ketiga selter pengungsian berupa gedung dengan ukuran cukup luas dilengkapi kipas angin dan pengeras suara. Terdapat dua gedung kecil untuk tempat logistik dan dapur umum, serta dua ruangan kecil untuk sekretariat. Masing-masing selter dilengkapi 12 kamar mandi, musala, serta bak penampungan air. (joko)

(way)