Serba serbi

BLACKPINK Puncaki Chart Musik Cina dengan ‘Ddu-du-ddu-du’

Musik & Film

22 Juni 2018 16:03 WIB

BLACKPINK (Dok Instagram BLACKPINK @blackpinkofficial)

SOLO, solotrust.com – Pada 21 Juni, QQ Music secara resmi merilis hasil untuk berbagai chart-nya dan BLACKPINK yang baru saja kembali dengan mini album perdana mereka ‘Square Up’ berhasil memuncaki chart-chart tersebut sebagaimana diberitakan Soompi, Kamis (21/6/2018).

BLACKPINK mendapatkan peringkat 1 dalam 5 chart QQ Music yakni new song chart, trending Chart, K-POP weekly chart, music video chart dan K-POP music video chart. Kesuksesan BLACKPINK dalam chart tersebut merefleksikan bagaimana tumbuhnya popularitas mereka di Cina.



Sebagai tambahan, lagu utama mereka dalam ‘Square Up’ yakni ‘Ddu-du-ddu-du’ begitu juga dengan ‘Forever Young’ dan ‘Really’ mendapatkan posisi tiga besar. Ya, setelah MV ‘Ddu-du-ddu-du’ rilis, BLACKPINK tak pernah bergeser dari peringkat 1 dalam chart selama enam hari.

Sebelumnya, BLACKPINK juga diketahui berhasil memuncaki sejumlah chart musik di Korea Selatan dan juga internasional.

Hanya dalam tiga hari semenjak rilis, ‘Ddu-du-ddu-du’ berhasil mendapatkan predikat ‘Perfect All-Kill’ dalam enam situs musik utama di Korsel yakni Melon, Genie, Bugs, Mnet, Naver, dan Soribada.

Pada 16 Juni, ‘Square Up’ juga berhasil menempati peringkat pertama dalam chart album iTunes di 38 negara seperti di Indonesia, Rusia, Saudi Arabia, Jepang, dan Kanada.

MV ‘Ddu-du-ddu-du’ juga berhasil memecahkan rekor sebagai MV girlgroup K-POP tercepat yang meraih angka 80 juta penonton hingga hari ini (22/6/2018) terhitung pukul 11.13 siang waktu Korea Selatan. Torehan waktunya adalah 6 hari, 17 jam dan 13 menit sejak MV tersebut dirilis pada 15 Juni lalu pukul 6 sore waktu Korsel.

Rekor ini mematahkan rekor sebelumnya yang dipegang TWICE dengan ‘Likey’ yang mendapatkan 80 juta penonton dalam 22 hari, 14 jam dan 40 menit.

‘Square Up’ adalah mini album pertama BLACKPINK yang sudah lama dinanti-nantikan para BLINK (sebutan fans BLACKPINK), karena BLACKPINK sebelumnya hanya muncul dalam sejumlah single. ‘Square Up’ terdiri dari empat lagu yakni ‘Ddu-du-Ddu-du’ (title track), ‘Forever Young’, ‘Really’ dan ‘See U Later’.

BLACKPINK yang beranggotakan Jennie, Rosé, Lisa dan Jisoo adalah salah satu girlgroup Korsel paling populer saat ini. Mereka sebelumnya dikenal dengan sejumlah hits yakni ‘Boombayah’, ‘Whistle’, ‘Playing With Fire’, ‘Stay’, dan ‘As If It’s Your Last’. (Lin)

(way)