Serba serbi

Shawn Mendes Terima Penghargaan Songwriter Of the Year dari SOCAN Awards 2018

Musik & Film

22 Juni 2018 12:32 WIB

Shawn Mendes raih predikat Songwriter of The Year dalam SOCAN Awards 2018 (dok. Billboard).

Solotrust.com– Penyanyi muda Shawn Mendes baru saja menerima penghargaan spesial dalam ajang penghargaan tahunan The Society of Composers, Authors and Music Publishers of Canada (SOCAN) yang ke-29.

Digelar di Toronto, Kanada baru-baru ini, Mendes mendapatkan penghargaan ‘Songwriter of the Year’ bersama dengan Adam ‘Frank Dukes’ yang terlibat dalam penulisan lagu, untuk penyanyi seperti Rihanna, Kanye West, Kendrick Lamar, Cardi B dan Camila Cabello.



“Kalian telah mendukungku sejak aku berusia sangat muda dan mempercayaiku. Universal dan manajerku juga mendorongku untuk menjadi penulis lagu,” kata Mendes sambil memegang trofi kemenangannya seperti dilansir dari Billboard hari ini, Jumat (22/6/2018).

“Namun aku berpikir bahwa sangat penting untuk mengatakan tentang berapa banyak talenta penulis lagu dan produser yang luar biasa yang lahir di Kanada. Dan yang lebih penting dari itu, satu hal yang aku lihat adalah di seluruh dunia entah di Jerman atau di Amerika, ada sebuah persahabatan yang nyata, dimanapun kalian berada. Ini adalah koneksi yang spesial dan aku pikir ini adalah penghormatan yang besar untuk kesuksesan semua orang. Ini luar biasa dan tetaplah bekerja!,” tambahnya.

Lebih dari 50 penghargan diberikan dalam ajang ini. Penghargaan didasarkan dari data SOCAN yang dikumpulkan selama kalender satu tahun terakhir. Para pemenang dputuskan secara kolaboratif antara Komite Keanggotaan Dewan Direksi dan pimpinan SOCAN di departemen keanggotaan SOCAN.

“Prestasinya sangat mencengangkan untuk dikatakan,” kata kepala staf keanggotaan dan bisnis SOCAN, Michael McCarty yang juga mantan presiden EMI Music Publishing Canada terkait kemenangan Shawn Mendes.

Shawn Mendes sendiri baru saja merilis album ketiganya ‘Shawn Mendes’ 25 Mei lalu. Pada 4 Juni, album tersebut berhasil debut di peringkat 1 Billboard 200. Ini merupakan capaian ketiganya setelah dua album sebelumnya yakni ‘Handwritten’ (2015) dan ‘Illuminate’ (2016). Hasil ini sekaligus menjadikan Mendes sebagai penyanyi termuda ketiga yang berhasil mendapatkan capaian tersebut di Billboard.

Pada 7 Juni 2018, Mendes juga berhasil mendapatkan predikat sebagai artis terbesar Apple Music sejauh ini karena hitsnya seperti ‘In My Blood’, ‘Youth’ dan ‘Lost In Japan’ yang membuatnya menghasilkan lebih dari 1 miliar streaming di platform musik digital tersebut. (Lin) 

(wd)