Sabtu , 11 Juli 2020

Libur Panjang Lebaran, Pemudik Banjiri Tempat Wisata di Klaten

18 Juni 2018 17:01 WIB


Umbul Ponggok di Kecamatan Polanharjo, Klaten dipadati para wisatawan. (solotrust.com/jaka)

KLATEN, solotrust.com- Libur panjang hari raya Idulfitri dimanfaatkan masyarakat untuk berlibur dengan keluarga maupun kerabat ke tempat tempat wisata. Umbul Ponggok di Kecamatan Polanharjo, Klaten menjadi salah satu destinasi paling favorit dikunjungi para wisatawan.

Pantauan di lokasi tempat wisata  pada  H+2, hari raya Idulfitri ribuan pengunjung dari berbagai daerah memadati Umbul Ponggok. Kendaraan roda dua maupun roda empat dengan plat nopol luar kota terlihat mendominasi tempat tempat wisata di wilayah klaten.



Pengelola Umbul Ponggok Joko Winarno mengatakan, umbul ini menawarkan pemandangan bawah air yang cukup indah, beragam jenis ikan menghiasi air umbul yang sangat jernih layaknya pada kaca.

“Sejak H+ 1 Idul Fitri mencapai 6 ribu pengunjung per hari hingga hari ini (Senin) apabila dibanding hari biasa terjadi kenaikan hingga 5 kali lipat yang biasa hanya sekitar 1000 pengunjung,” katanya kepada wartawan, Senin(18/6/2018).

Menurutnya, umbul ini menawarkan keindahan pemandangan bawah air pengunjung bisa menikmati dengan berfoto ria dan ada tambahan property, seperti tenda bawah air, motor dan bangku cinta juga disiapkan untuk menarik minat penunjung serta wahana bermain ninja warior.

“Diharapkan pengunjung ini bisa puas, dan mereka datang lagi datang lagi kesini,” ujarnya. 

Kendati demikian, pihak penggelola mengaku, libur panjang Idulfitri kali ini ada penurunan sekitar 15 persen. Pasalnya, tahun ini banyak bermunculan desa wisata di sekitar Ponggok.

“Ya, misalnya Umbul Susukan di Jatinom, Umbul Sigedang  dan wisata Janti di Cokro Tulung dan masih banyak lagi desa wisata lainnya,”kata Joko.      

Selain tempat wisata, pada libur panjang kali ini, juga berdampak positif bagi menggeliatnya usaha home stay atau penginapan di sekitar Umbul Ponggok, seperti home stay milik Pandu Sujatmiko.

“Sejak H-3 hingga H+7 home stay penuh, bahkan mereka sudah memesan jauh jauh hari sebelumnya. Apabila dibanding hari bisa ada kenaikan hingga 2 kali lipat.  Pengunjung yang datang dari berbagai daerah bahkan sejumlah turis mancanegara,”katanya. (jaka)

(wd)

  • Kontak Informasi SoloTrust.com
  • Redaksi: redaksi@solotrust.com
  • Media Partner: promosi@solotrust.com
  • Iklan: marketing@solotrust.com