Hard News

Ini Prediksi Puncak Arus Balik Lebaran 2018

Hard News

16 Juni 2018 21:30 WIB

Pemudik saat memasuki gerbang tol Colomadu beberapa waktu lalu. (solotrust.com/wd)

JAKARTA, solotrust.com– Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan, sebanyak 24 Rest Area akan disiapkan pada jalur mudik dari Semarang hingga Jakarta untuk memfasilitasi para pemudik dalam arus balik.

Kemenhub memperkirakan puncak arus balik akan jatuh pada tanggal 19 dan 20 JUNI mendatang. Terkait hal tersebut Dirjen Perhubungan Darat akan memberikan imbauan kepada stakeholder terkait agar kendaraan sumbu 3 tidak melalui jalur tol, baik ruas tol operasional maupun ruas tol fungsional pada tanggal tersebut.



“Puncak mudik balik terjadi pada 19-20, oleh karenanya kita menambahkan untuk kendaraan 3 sumbu nanti akan dibuat surat edaran oleh Dirjen Darat kepada para stakeholder, untuk mengimbau agar kendaraan sumbu 3 tidak melalui jalur-jalur tol dan tol fungsional,” jelas Menhub sebagaimana dilansir dari laman resmi Kemenhub.

Selain itu, Menteri Perhubungan juga meminta kepada para operator masing-masing rest area agar meningkatkan fasilitas yang ada. Seperti memperbanyak jumlah toilet serta mempersiapkan agar toilet-toilet lebih bersih dan dijaga dengan baik.

“Hal lain yang kita mintakan kepada masing-masing pihak operator, agar meningkatkan kualitas dari masing-masing rest area. Artinya kalau memang memiliki toilet, agar toilet disiapkan lebih banyak, lebih bersih, dan dijaga dengan baik,” pungkas Menhub.

(wd)