Hard News

Pengerjaan Tol Batang-Semarang termasuk Jembatan Kali Kuto ditargetkan rampung akhir 2018

Hard News

14 Juni 2018 17:06 WIB

Jembatan Kali Kuto yang berada di ruas tol Batang-Semarang. (dok/setkab.go.id)

BATANG, solotrust.com- Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono membuka Jembatan Kali Kuto di ruas tol Batang-Semarang fungsional, Rabu (13/6/2018)kemarin.

Dengan dibukanya Jembatan Kali Kuto diharapkan akan lebih memperlancar arus mudik dan arus balik. Sebagaimana diketahui H-3 dan H-2, serta H+2 hingga H+4 Lebaran menjadi puncak kepadatan lalu lintas mudik dan balik Lebaran 2018.



Dilansir dari setkab.go.id, kondisi Jembatan Kali Kuto selama fungsional menggunakan lantai dengan plat baja ketebalan 2 cm yang disangga dengan soaring dan dengan cross girder baja diikat dengan tali baja (temporary hanger) sebanyak 20 buah, dilengkapi pagar, median barrier, rambu-rambu dan lampu penerang. Di samping itu, juga disiagakan petugas untuk membantu dan mengarahkan pemudik.

Sebelum open traffic pada Jembatan Kali Kuto, kendaraan diarahkan keluar tol di daerah Gringsing menuju jalan arteri sepanjang 500 meter dan masuk kembali ke ruas tol Batang-Semarang. Meski Jembatan Kali Kuto sudah bisa dilewati namun exit Grinsing tetap dibuka.

Pembangunan Tol Batang-Semarang termasuk Jembatan Kali Kuto ditargetkan akan rampung pada akhir 2018.

“Setelah arus mudik dan balik selesai, pengerjaan jembatan ini akan dilanjutkan kembali,” kata Menteri Basuki.

Lebih lanjut, Menteri Basuki secara khusus memberikan apresiasi kepada PT Jasa Marga, PT Waskita Karya dan penyedia jasa lainnya yang telah bekerja keras, siang-malam, untuk memastikan jembatan Kali Kuto fungsional pada H-2.

(wd)