Serba serbi

Shawn Mendes Jadi Artis Terbesar dalam Apple Music 2018

Musik & Film

12 Juni 2018 05:12 WIB

Shawn Mendes dalam magenta carpet BBMAs 2018 (Dok Billboard)

SOLO, solotrust.com – Album bertajuk ‘Shawn Mendes’ yang rilis resmi pada 25 Mei 2018 lalu begitu meledak di pasaran. Predikat artis terbesar dalam Apple Music 2018 sejauh ini pun disematkan kepada sang penyanyi, Shawn Mendes.

Capaian ini tak lepas dari keberhasilan album tersebut dalam mengantongi penjualan terbesar di Minggu pertamanya untuk sebuah album pop di Apple Music tahun ini.



Selain itu, album tersebut juga telah melampaui 1 miliar global streaming dalam Apple Music seperti dilansir dari Digital Music News beberapa waktu lalu. Capaian ini tentu menjadi tonggak sejarah tersendiri, mengingat Mendes kini baru berusia 19 tahun.

Pada 4 Juni lalu, album ketiga penyanyi yang populer dengan lagu ‘There’s Nothing Holdin’ Me Back’ ini juga berhasil debut di puncak Billboard 200 dan menjadikan itu raihan ketiganya sepanjang karir musiknya.

Menurut data dari Neilsen Music, album tersebut telah terjual sebanyak 182.000 unit di akhir Mei. Dalam jumlah itu, 142.000nya adalah penjualan album tradisional dan sisanya dari Album Equivalent Unit yang meliputi Streaming Equivalent Albums (SEA) dan Track Equivalent Albums (TEA).

Rekor sebelumnya dalam hal album pop yang paling banyak dinikmati streaming adalah Justin Timberlake dengan ‘Man Of The Woods’ yang rilis Februari lalu.

Selain itu, ada juga rekor-rekor lain terkait Apple Music yang dipecahkan tahun ini seperti rapper J Cole yang albumnya paling banyak dinikmati streaming dalam 24 jam pertamanya di Amerika Serikat. Album ‘Invasion of Privacy’ dari Cardi B juga mencetak rekor baru untuk album wanita yang paling banyak dinikmati streaming di Apple Music pada Minggu pertamanya, mengalahkan album Taylor Swift ‘Reputation’.

Apple Music memiliki lebih dari 50 juta pengguna. Jumlah ini adalah kombinasi dari mereka yang membayar layanan dan yang mencoba secara gratis. Jumlah pengguna berbayar diketahui menembus angka 40 juta pengguna per April ini. (Lin)

(way)