Hard News

Ternyata Seperti Ini Pandangan Masyarakat Internasional Terhadap Indonesia

Hard News

10 Juni 2018 12:30 WIB

Ilustrasi.

JAKARTA, solotrust.com- Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Marsudi menyampaikan rasa syukurnya atas hasil Sidang Majelis Umum Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB), yang menetapkan Indonesia sebagai anggota tidak tetap Dewan Keamanan (DK) PBB untuk periode 2019-2020 mewakili Asia-Pasifik, menggantikan Kazakhstan yang masa keanggotaannya akan berakhir 31 Desember 2018.

Dalam proses pemilihan tertutup, Indonesia berhasil memperoleh 144 suara dari jumlah keseluruhan 190 negara anggota PBB yang hadir, menyisihkan jauh suara yang diraih Maladewa sebanyak 46 suara. Dukungan kepada Indonesia ini melebihi 2/3 dari anggota PBB.



“Ini adalah amanah masyarakat internasional kepada Indonesia. Terpilihnya Indonesia merupakan hasil kerja keras seluruh komponen bangsa khususnya para Diplomat Indonesia,” kata Menlu dalam pernyataannya yang disampaikan melalui video conference dari Markas PBB di New York, Jumat (8/6) malam seperti dikutip dari setkab.go.id.

Satu hal yang menonjol disampaikan negara-negara anggota PBB untuk mendukung Indonesia, menurut Menlu, adalah rekam jejak diplomasi dan kontribusi nyata Indonesia bagi perdamaian, kemanusiaan, dan kesejahteraan di kawasan dan global.

“Jelas sekali bahwa masyarakat internasional sangat menghargai rekam jejak Indonesia dan melihat demokrasi dan toleransi di Indonesia sebagai aset untuk Indonesia dapat berperan aktif di DK PBB,” ungkap Menlu.

(wd)