Hard News

Perbaikan Jalur Evakuasi Merapi Dikebut

Jateng & DIY

9 Juni 2018 21:05 WIB

Perbaikan jalur evakuasi Merapi. (solotrust.com/jaka)

KLATEN, solotrust.com- Perbaikan jalan pada jalur evakuasi di wilayah kabupaten Klaten, tepatnya di ruas jalan Kemalang menuju obyek wisata Deles Indah mulai dikebut. Mengingat, peningkatan aktivitas gunung Merapi sudah dikategorikan status waspada.

Pelaksana pembangunan jalur evakuasi Merapi, Ari Wibowo mengatakan, kerusakan jalan tersebut diakibatkan lantaran tidak kuat menahan beban berat muatan truk pengangkut material dari lereng Merapi atau dari sungai Kaliworo pada setiap harinya.



 “Ruas jalan menuju merapi atau menuju obyek wisata Deles Indah  ini rusak parah. Ya ini lebaran ini harus rampung,” katanya, Sabtu (9/6/2018).

Dikatakannya, selama adanya peningkatan aktivitas gunung Merapi sudah dikategorikan level waspada dua, kini pengerjaan jalur evakuasi mulai dikebut.

“Pengerjaan jalan itu dicor mulai dari Desa Keputran, Desa Dompol dan Desa Bumiharjo Kecamatan Kemalang. Kerusakannya diperkirakan dari gunung merapi itu sekitar 10 kilometer,”ujar Ari.

Agar bisa dilalui kendaraan, kata dia, pengecoran jalan dilakukan pada sisi jalur terlebih dahulu.

“Diharapkan pengecoran jalan di tiga desa di kecamatan kemalang tersebut, bisa rampung sebelum lebaran ini,” tandasnya. (jaka) 

(wd)