Hard News

DLH Surakarta Siap Antisipasi Meningkatnya Volume Sampah Masa Lebaran 2018.

Jateng & DIY

6 Juni 2018 21:00 WIB

Petugas DLH Kota Surakarta tengah bertugas di Jalan Slamet Riyadi, Solo, Rabu (6/6/2018). (solotrust.com/adr)

SOLO, solotrust.com-  Kepala Bidang (Kabid) Persampahan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Surakarta, Pompi Wahyudi memprediksi volume sampah selama puasa dan lebaran 2018 meningkat hingga 30%.

"Berdasarkan data total sampah harian di Kota Solo capai 260 ton perhari, Pada masa lebaran nanti kami memperkirakan kenaikan jumlah sampah dapat meningkat 20 hingga 30 persen," Kata Pompi kepada wartawan, Rabu (6/6/2018).



Dikatakan Pompi, ialah banyaknya jumlah pendatang yang masuk Kota Solo dalam momen libur lebaran dianggap menjadi penyebab kenaikan volume sampah tersebut. Selain itu, sejumlah penyelenggaraan event juga turut menyumbang meningkatnya volume sampah di Kota Solo.

Untuk mengurai sampah, Pompi mengaku akan memberikan perhatian khusus pada pusat keramaian, seperti sentra bisnis,  kawasan wisata dan lokasi wisata.

Selain itu, DLH Surakarta juga akan menerjunkan di antaranya ada tiga unit truk L300, 11 unit truk, 11 unit dump truk dan empat unit mobil arm roll.

“Kami siap menerjunkan alat dan petugas kebersihan, terutama di pusat-pusat keramaian Kota,” ujarnya

Sementara itu, Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Surakarta, Sri Wardhani Poerbowidjojo, menganggap peningkatan volume sampah pada masa libur lebaran adalah hal yang wajar, utamanya di pusat keramaian.

Ia menekankan kepada masyarakat agar tidak perlu khawatir akan sampah yang berserakan di jalan atau tidak terangkut petugas. Pasalnya, pihaknya sudah menyiapkan sejumlah petugas kebersihan untuk menjaga kebersihan Kota Solo dengan sistem shift.

"Nantinya akan ada piket seperti tahun-tahun sebelumnya, kita akan beri insentif khusus bagi mereka yang bertugas saat lebaran, jadi masyarakat tidak perlu khawatir soal sampah, petugas sudah kita siapkan." Terangnya. (adr)

(wd)