Senin , 14 Oktober 2019

Bolehkah Minum Kopi Saat Buka Puasa?

6 Juni 2018 04:31 WIB


Kopi (pixabay.com)

SOLO, solotrust.com – Saat berbuka puasa, apa minuman favoritmu Solotrusters? Biasanya banyak dari kita lebih memilih minuman manis seperti teh, sirup ataupun jus buah ya. Namun bagi para penikmat kopi mungkin malah suka mengawali buka puasa dengan menyeruput secangkir kopi hangat.  

Lantas, apakah minum kopi saat berbuka puasa aman? Melansir Hello Sehat, Selasa (05/06/2018), ketika kita berpuasa, tubuh tidak mendapat asupan makanan dan minuman selama kurang lebih 13 jam. Praktis kondisi perut jadi kosong. Nah, dalam keadaan ini kamu diharuskan mengisinya kembali dengan makanan dan minuman bergizi.



Perlu diperhatikan, tidak semua minuman boleh dikonsumsi begitu saja saat perut dalam keadaan kosong. Kopi memang dinilai punya banyak manfaat karena kaya antioksidan dan dapat mencegah risiko diabetes.

Kendati demikian, bukan berarti kamu boleh langsung meminumnya untuk membatalkan puasa. Sekadar informasi, kopi menyumbang kafein dalam jumlah besar. Saat kafein masuk ke dalam perut kosong akan meningkatkan produksi asam lambung. Terlebih jika perut belum terisi dengan makanan apapun, ini akan mengakibatkan produksi asam semakin meningkat hingga dapat merusak lapisan lambung.

Jika kebiasaan minum kopi saat buka puasa terus dilakukan selama Ramadhan, tentu bisa berakibat buruk bagi kesehatan, khususnya sistem pencernaan. Alhasil bisa mengganggu kelancaran berpuasa jika akhirnya sampai membuat kamu jatuh sakit.

Sebagai gantinya, kamu bisa pilih menu lain. Ada baiknya penuhi dulu energi yang telah terkuras selama berpuasa seharian. Misalnya dengan makan dan minum sumber karbohidrat, protein, vitamin maupun serat.

(and)

  • Kontak Informasi SoloTrust.com
  • Redaksi: redaksi@solotrust.com
  • Media Partner: promosi@solotrust.com
  • Iklan: marketing@solotrust.com
BERITA LAINYA     »