Serba serbi

Buku yang Menginspirasi BTS Jadi Best Seller, Penulis Sampaikan Terima Kasih

Musik & Film

5 Juni 2018 15:59 WIB

‘Into The Magic Shop’ dari James R. Doty jadi inspirasi BTS dalam menulis lagu ‘Magic Shop’ (dok/net)

SOLO, solotrust.com – BTS dan kesusasteraan memang tidak bisa dipisahkan. Sederet  buku sastra telah menjadi inspirasi grup ini dalam karya-karyanya selama ini.

Dengan studio album ketiga ‘Love Yourself: Tear’, BTS kembali menjadikan salah satu buku sebagai sumber inspirasinya. Berjudul ‘Magic Shop’, lagu ke-7 dari album ini terinspirasi dari sebuah memoar karya seorang ahli syaraf bernama Dr James R Doty berjudul ‘Into the Magic Shop’.



Dikutip dari Soompi, Selasa (5/6/2018), toko buku terkenal di Korea Selatan yakni Aladin mengungkapkan bahwa buku berjudul lengkap “Into the Magic Shop: A Neurosurgeon’s Quest to Discover the Mysteries of the Brain and the Secret of the Heart” tersebut berhasil menempati posisi dua sebagai buku yang paling banyak terjual di bulan ini.

Diciptakan oleh anggota termuda BTS yakni JungKook, ‘Magic Shop’ pertama kali diperkenalkan dalam teaser ‘Fake Love’ dengan sebuah frasa berbunyi ‘Magic Shop adalah teknik psikodramatik yang menukar ketakutan dengan sikap yang positif’.

Dalam teaser tersebut, ketujuh anggota BTS terlihat memasuki sebuah toko di mana mereka menukar satu barang yang mereka punya dengan satu barang lain yang lebih positif.

Melihat teaser tersebut, penggemar mengindentifikasi bahwa referensi dari teaser tersebut adalah buku dari Dr Doty. Buku ‘Into The Magic Shop’ pun mengalami peningkatan penjualan 510 kali lipat daripada jumlah yang biasanya.

Melalui Twitter pribadinya, Dr Doty selaku penulis pun secara personal berterima kasih kepada BTS. “Terima kasih telah menggunakan buku saya sebagai inspirasi,” cuitnya dalam akunnya @jamesrdotymd dengan me-mention akun Twitter BTS, @BTS_twt.

‘In The Magic Shop’ sendiri adalah memoar Dr Doty yang di masa mudanya mendapatkan pelajaran dari seorang nenek bernama Ruth di sebuah toko alat-alat sulap (Magic Shop). Di Magic Shop tersebut, Jim (panggilan kecil Dr Doty) mendapatkan pelajaran berharga dalam kehidupan yang ia bawa hingga sekarang.

Pelajaran yang ia dapatkan adalah tentang menenangkan raga dan pikiran, membuka hati dengan selalu bersikap positif dan membuat tujuan yang ingin dicapai dalam hidup kemudian berusaha keras dalam memperjuangkannya.

‘Magic Shop’ diciptakan JungKook sebagai fan song atau lagu yang secara khusus ditujukan kepada para penggemar mereka, ARMY. Dalam liriknya BTS berharap para penggemar juga dapat membuka hati mereka ketika masalah datang dan memahami bahwa mereka tidak sendirian, BTS dengan lagu-lagunya akan membersamai mereka.

Sastra memang begitu lekat dalam karya-karya BTS. Pada 2016, konsep album mereka ‘WINGS’ terinspirasi dari novel karya Hermann Hesse berjudul ‘Demian’.

Pada tahun 2017, lagu ‘Spring Day’ BTS juga terinspirasi dari cerita pendek karangan Ursula K Le Guin yakni ‘The Ones Who Walk From Omelas’. Selain itu, leader BTS yakni RM juga pernah mengungkapkan bahwa hidden track dari album ‘Love Yourself: Her’ yang berjudul ‘Sea’ juga terinspirasi dari novel dari Haruki Murakami berjudul ‘1Q84’. (Lin)

(way)