Serba serbi

Keren! Begini Cara Kerja Garis Offside Virtual di Piala Dunia 2018

Olahraga

01 Juni 2018 08:02 WIB

(Dok FIFA)

SOLO, solotrust.com – Tiap pertandingan di Piala Dunia 2018 Rusia bakal dilengkapi dengan alat-alat pendukung yang canggih. Salah satu yang mulai digunakan adalah alat yang menampilkan garis offside secara virtual.

Seperti diketahui, keputusan offside seringkali berujung pro kontra ketika batas jarak antarpemain begitu tipis. Penglihatan hakim garis yang tidak begitu jeli bahkan bisa berakibat fatal dan bisa mengubah hasil pertandingan. Sebab mata manusia dapat dipengaruhi dalam persepsinya dan sampai pada sejumlah kesimpulan yang berbeda berdasarkan pada sudut pandang mana yang sedang diamati.



Mengantisipasi hal-hal tidak tepat dalam pengambilan keputusan offside, FIFA bakal menerapkan garis offside tiga dimensi virtual yang sekarang tersedia untuk video wasit dalam Piala Dunia nanti. Bagaimana cara kerjanya?

“Mereka dikalibrasi, garis-garis yang dihasilkan komputer yang diproyeksikan ke citra siaran dari bidang permainan. Sudut pandang, distorsi lensa, dan kelengkungan lapangan adalah semua faktor yang diperhitungkan oleh perangkat lunak komputer yang kemudian menghitung posisi sebenarnya dari garis offside,” tulis FIFA dalam keterangan resminya yang dikutip solotrust.com, Senin (1/6/2018).

FIFA mengklaim, teknologi ini telah dikembangkan melalui berbagai tes dan divalidasi oleh pihak ketiga yang independen. Garis offside yang digunakan adalah yang terbaik dan paling akurat yang dapat diproduksi menggunakan beberapa sudut kamera yang disinkronisasi melalui teknologi yang ada.

“Offside atau tidak? Garis-garis yang dikalibrasi tersedia untuk membantu wasit video memberikan jawaban yang tepat untuk tindakan yang dapat menentukan dalam sebuah pertandingan,” lanjutnya.

(way)