Hard News

Tol Brexit Hingga Semarang Bisa Dilalui H-10, Gratis !

Hard News

31 Mei 2018 19:35 WIB

Sekda Jawa Tengah Sri Puryono (kanan) saat meninjau kesiapan jalan tol Batang-Semarang, Rabu (30/5/2018). (Dok Humas Pemprov Jateng)

BATANG, solotrust.com – Jalan tol dari exit Brebes Timur (Brexit) hingga Semarang dipastikan bisa dilalui pemudik mulai H-10 Lebaran. Hal itu disampaikan Direktur Umum Waskita Karya Bambang Rianto saat mendampingi Sekda Jawa Tengah Sri Puryono memantau jalur tol Batang-Semarang.

Bambang mengatakan, secara keseluruhan pada H-10 Lebaran jalan tol mulai Brexit hingga ke Semarang sepanjang 151 km bisa dilalui pemudik tanpa dipungut biaya.



Namun, mengingat Jembatan Kali Kuto baru bisa difungsikan secara fungsional pada H-2 setelah dipasang pelat baja selebar delapan meter, setibanya di overpass Gringsing pemudik harus keluar ke jalan nasional sepanjang 500 meter, kemudian bisa masuk kembali ke jalan tol menuju Semarang.

“Mulai dari Brexit terus keluar sampai Pemalang itu sudah sempurna sekali. Sampai Batang sudah rigid pavement, begitu sampai Kali Kuto di Gringsing itu keluar hanya 500 meter ke jalan nasional kemudian masuk lagi setelah Kali Kuta,” katanya.

Bambang menambahkan, pengoperasian jalan tol secara fungsional diberlakukan untuk satu arah dengan satu jalur dua lajur. Pada arus mudik jalan tol tersebut digunakan untuk kendaraan dari arah Jakarta ke Semarang dan pada arus balik dari arah Semarang ke Jakarta.

Sejauh ini progress pengerjaan untuk jalan tol Batang-Semarang sudah mencapai 80,967 persen dan progress pengerjaan Jembatan Kali Kuto yang akan menjadi ikon jalan tol tersebut mencapai 77 persen. Pihaknya menargetkan Oktober mendatang jalan tol Batang-Semarang seluruhnya selesai dikerjakan.

(way)