Kamis , 23 Januari 2020

Layang-Layang Ternyata Juga Populer di India

31 Mei 2018 14:05 WIB


Presiden RI Joko Widodo dan PM India Shri Narendra Modi dalam pembukaan pameran Layang-Layang Indonesia-India (dok. instagram Kementerian Luar Negeri RI).

Jakarta, Solotrust.com – Pada tanggal 29-30 Mei, Perdana Menteri India, Shri Narendra Modi melakukan kunjungannya ke Indonesia. Salah satu agenda dalam kunjungan tersebut adalah PM Narendra Modi dan Presiden RI Joko Widodo bersama-sama membuka pameran Layang-Layang Indonesia-India yang bertema ‘Ramayana dan Mahabarata’.

Berlangsung di Monumen Nasional (Monas), Jakarta, Selasa (30/05/2018), PM Narendra Modi dan Presiden Jokowi menerbangkan layang-layang bersama. Layang-layang yang diterbangkan dibuat oleh Museum Layang-Layang Indonesia.



“Agenda ini menjadi kehormatan bagi kami. Sebab, layang-layang ini merupakan permainan tradisional yang populer di kedua negara. Di India permainan ini favorit. Kami tentu gembira bila Presiden Jokowi dan PM Narendra Modi bersedia menerbangkan layang-layang di sini,” ungkap Direktur Museum Layang-Layang Indonesia, Endang Ernawati seperti dilansir dari laman berita Kementerian Pariwisata.

Dalam pameran bersama ini, India sendiri dikabarkan menyertakan 15 ahli layang-layangnya. Tidak hanya itu, sebanyak 50 layang-layang terbaik asal India juga akan dipajang.

Layang-layang sendiri memiliki banyak jenis, dari mulai dua dimensi hingga tiga dimensi. Menerbangkan layang-layang juga bukan perkara sulit. Tak perlu skill khusus untuk menerbangkan layang-layang, yang diperlukan hanyalah angin dengan kecepatan 10 knot.

Menteri Pariwisata Arief Yahya yang juga turut hadir dalam acara tersebut menilai karya Museum Layang-Layang Indonesia luar biasa.

“Ini sebuah karya yang luar biasa. Museum ini memang sudah menghasilkan beragam karya layang-layang terbaik dan mengoleksinya dalam jumlah banyak,” ujar Arief.

Menteri Arief juga menilai bahwa kehadiran PM Narendra Modi akan berdampak baik bagi pariwisata Indonesia. Terlebih, India dan Indonesia memiliki kedekatan budaya. 

Kunjungan wisatawan asal India ke Indonesia memang terkoreksi positif. Tahun 2017, jumlah kunjungannya mencapai 485.314 orang. Jumlah ini meningkat 28,798%, atau sebanyak 108.512 orang, jika dibandingkan tahun 2016. Yaitu sebesar 376.802 wisatawan.

(wd)

  • Kontak Informasi SoloTrust.com
  • Redaksi: redaksi@solotrust.com
  • Media Partner: promosi@solotrust.com
  • Iklan: marketing@solotrust.com