Selasa , 21 Januari 2020

Sebagian Pengungsi Masih Bertahan

24 Mei 2018 09:57 WIB


Pengungsi lansia yang masih bertahan. (solotrust.com/adam)

YOGYAKARTA, solotrust.com- Gunung Merapi kembali erupsi freatik pada Kamis (24/5/2018) sekitar pukul 02.56 WIB. Hal tersebut membuat 500 warga Dusun Srunen, Dusun Kalitengah Lor dan Dusun Kalitengah Kidul panik dan melakukan evakuasi mandiri ke Balai Desa Kalitengah, Glagaharjo, Cangkringan, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

“Tadi malam sekitar jam tiga lebih ada freatik kemudian masyarakat mengungsi kemari dengan mandiri atas kehendak sendiri sekitar 500-an.” Tutur Kapolsek Cangkringan AKP Sutarman.  



Setelah keadaan membaik sebagian masyarakat mulai kembali ke tempat tinggalnya masing-masing dan sebagaian lagi masih tinggal di pengungsian. Hal ini karena beberapa pertimbangan antara lain ada balita dan warga lanjut usia.

“Masih ada yang tinggal di sini dengan pertimbangan tertentu, pertama balita kemudian kedua yang lanjut usia.” Ungkap AKP Sutarman.  

Letusan merapi yang terjadi pada Kamis dini hari tersebut merupakan letusan terbesar dari letusan sebelum-sebelumnya, karena mengeluarkan asap setinggi 6000 meter dan menyebabkan sebagian wilayah di Magelang, Jawa Tengah terpapar oleh hujan abu dan pasir. (adam)

(wd)

  • Kontak Informasi SoloTrust.com
  • Redaksi: redaksi@solotrust.com
  • Media Partner: promosi@solotrust.com
  • Iklan: marketing@solotrust.com
BERITA LAINYA     »