Rabu , 16 Oktober 2019

Bulan Puasa Tak Halangi Anggota Kodim Surakarta untuk Latihan

23 Mei 2018 23:57 WIB


Anggota Kodim 0735 Surakarta tengah melakukan latihan rutin.

SOLO, solotrust.com-  Minggu militer merupakan program rutin di lingkungan TNI AD yang dilaksanakan setiap bulan pada minggu terakhir. Kegiatan ini bertujuan untuk menyegarkan kembali dasar-dasar keprajuritan, khususnya bagi prajurit yang sehari-harinya berdinas di satuan kewilayahan, seperti Kodim dan Koramil.  

Berkaitan dengan hal tersebut Kodim 0735/Surakarta mengisi Minggu Militer pada hari ketiga dengan melaksanakan pembinaan Jasmani Militer (Binjasmil), yakni dengan materi lari jalan yang diikuti oleh seluruh anggota Kodim dan dilaksanakan dengan menempuh jarak sejauh 5 km di sekitaran Kodim, Rabu (23/5/2018).



Setelah apel pagi selesai Perwira pengawas (Pawas) menyerahkan kegiatan kepada Bintara Tinggi Operasi dan Latihan (Batiopslat) Peltu Kusnanto untuk memimpin pelaksanaan kegiatan lari jalan. Selanjutnya Batiopslat memimpin senam pemanasan dan peregangan sebelum dimulainya kegiatan.   

Batiopslat Peltu Kusnanto menegaskan, kegiatan ini dilaksanakan sekitar 45 menit dengan menempuh jarak kurang lebih 5 kilometer dengan rute start dari lapangan apel Makodim 0735/Surakarta keluar mengelilingi seputaran kodim dan selanjutnya finish di Makodim.  

"Lari jalan ini selain melaksanakan program yang sudah ditentukan dari Komando atas juga bertujuan untuk menjaga kebugaran dan ketahanan fisik prajurit kodim 0735/Surakarta, dalam mendukung pelakanaan tugas pokok sehari-hari. Apalagi ini bulan puasa, jangan jadikan alasan ataupun penghalang untuk melaksanakan kegiatan ini,  disamping itu kegiatan ini sudah disesuaikan dengan kemampuan masing-masing prajurit." Tuturnya.    

Lebih lanjut Peltu Kusnanto menyampaikan kepada seluruh Prajurit untuk senantiasa memperhatikaan faktor keamanan selama pelaksanaan kegiatan. "Karena kegiatan ini melewati jalan raya diharapkan berlari dengan tertib dan rapi, jangan sampai memenuhi jalan, berikan kesempatan  bagi pengguna jalan untuk melintas." Imbuhnya. 

 Selesai pelaksanaan kegiatan lari jalan dilanjutkan dengan kegiatan fisik tambahan, yakni sit up,push up, dan pull up dan ditutup dengan senam pelemasan yang menandai berakhirnya kegiatan.

(wd)

  • Kontak Informasi SoloTrust.com
  • Redaksi: redaksi@solotrust.com
  • Media Partner: promosi@solotrust.com
  • Iklan: marketing@solotrust.com