Serba serbi

Pengin Tetap Cantik Saat Puasa? Ini Tipsnya

Tips & Trik

23 Mei 2018 02:31 WIB

Ilustrasi (pixabay.com)

SOLO, solotrust.com – Aktivitas puasa tak jarang membuat tubuh terasa lesu. Tak bisa dipungkiri saat kita berpuasa, tubuh akan kekurangan cairan. Alhasil semangat jadi berkurang, badan lemas serta kulit menjadi kering, sehingga memengaruhi kecantikan.

Hal seperti itu tentunya nggak diinginkan kan ladies? Nah, untuk itu kamu perlu memerhatikan asupan makanan dan minuman serta pintar-pintar menjaga penampilan. Berikut ini beberapa tips diolah dari berbagai sumber guna membuatmu tetap cantik saat puasa.



1. Menjaga asupan cairan

Hal ini bisa kamu lakukan dengan banyak minum air putih di rentang waktu antara usai buka puasa hingga saat sahur. Sebaiknya hindari banyak minum yang manis guna mencegah dehidrasi di siang hari.

2. Perbanyak asupan protein dan hindari makanan asin

Konsumsilah makanan kaya protein seperti daging, ikan, sayur, kacang-kacangan dan buah saat sahur dan buka puasa guna menjaga kulit, kuku serta rambut tetap sehat dan lembab. Selain itu, perlu dihindari makanan asin agar tubuh tetap bisa menjaga kadar air stabil.

3. Istirahat cukup

Berikan waktu tidur cukup. Bersegeralah istirahat seawal mungkin karena esok pagi kamu harus bangun awal guna menyiapkan makan sahur.

4. Gunakan sunscreen

Selalu gunakan sunscreen saat siang hari, terlebih saat terik. Formula sunscreen dapat membantu menjaga kelembaban kulit kamu selama berpuasa.

5. Gunakan pelembab

Gunakan pelembab dengan kadar air lebih tinggi dan cepat terserap ke dalam kulit  guna menjaga kulitmu tetap segar. Kamu juga bisa sesekali menyemprotkan face mist ke wajah serta oleskan lip balm agar bibir tak kering.

6. Hindari penggunaan make up terlalu tebal

Hindari make up terlalu tebal, sebaliknya gunakanlah make up minimalis dan hindari mengoleskan foundation atau bedak tebal pada wajah. Ini penting agar kulit kamu bisa bernafas dan terhindar dari rasa panas.

7. Perawatan ekstra pada wajah

Kembalikan kesegaran kulit wajahmu dengan perawatan tambahan seperti pemakaian masker dan lotion wajah. Masker wajah terbukti dapat membantu menstimulasi peredaran darah, membersihkan pori tersumbat, mengangkat sel kulit mati dan mengurangi produksi minyak berlebih dengan cepat.

8. Bersihkan wajah dengan benar

Mencuci wajah dengan cara salah dapat menyebabkan kulit menjadi kering. Awali dengan membasahi kulit wajah dengan air hangat. Pilihlah facial cleansing mengandung vitamin C dan aloe vera gel yang dapat mencerahkan wajah, menyegarkan dan mendinginkan kulit.

Demikianlah beberapa tips tetap tampil cantik selama berpuasa. Semoga bermanfaat.

 

*Sumber :

-  The Asian Parent Indonesia

-  Perfect Beauty

(and)